Gambar batuan 3D yang berhasil ditangkap Ingenuity di Mars

Helikopter Ingenuity yang sedang menjelajahi Mars bersama rover Perseverance baru saja menangkap gambar 3D dari batuan di Kawah Jezero, Mars.

Helikopter Ingenuity sampai saat ini bekerja dengan baik di planet merah, Mars. Ingenuity bertugas untuk membantu rover Perseverance menemukan rute yang tepat untuk dijelajahi. Pada penerbangan terbaru helikopter tersebut, tim dari Bumi berhasil mengabadikan tampilan 3D dari gundukan baru di Mars.

Dilansir dari SlashGear (20/9), gambar-gambar tersebut diambil pada penerbangan helikopter ke-13 yang terjadi pada 4 September. Rencana utama yang dilakukan saat itu adalah menjelajahi wilayah Kawah Jezero yang dikenal sebagai wilayah “South Seitah.” Dan target geologis tertentu untuk misi ini disebut “Faillefeu” oleh tim penjelajah Perseverance.

Seperti yang dipaparkan oleh NASA, gambar tersebut merupakan gambar komposit yang diambil dari ketinggian 26 kaki, lebih rendah daripada foto sebelumnya yang juga diambil Ingenuity. Formasi batuan pada gambar memiliki lebar sekitar 33 kaki dan terlihat sedikit ke utara dari pusat gambar.

Gambar juga menunjukkan riak pasir yang umum di daerah tersebut. NASA mengatakan, gambar itu paling baik dilihat dengan kacamata 3D merah-biru. Gambar stereo dibuat dengan menggabungkan data dari dua gambar yang diambil secara terpisah menggunakan kamera warna Ingenuity.

Di sisi lain, NASA baru-baru ini mengantisipasi Ingenuity akan kesulitan terbang ketika musim di Mars berubah. Hal ini disebabkan kepadatan atmosfer yang semakin rendah seiring perubahan musim. Untuk menanggulangi halangan tersebut, NASA berharap dapat meningkatkan kecepatan rotor helikopter agar dapat mempertahankan kemampuannya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia