Samsung bawa fitur Android 11 ke ponsel dan tablet Android 6

Fitur reset izin aplikasi yang sudah lama tidak digunakan adalah fitur keamanan yang pertama kali hadir dalam Android 11.

Samsung menghadirkan fitur yang hanya ada di Android 11 ke smartphone yang tidak menjalankan sistem operasi tersebut. Sammobile melaporkan (20/9), perusahaan akan meluncurkan beberapa fitur keamanan milik Android 11 ke smartphone dan tablet lawasnya.

Google membuat Android lebih aman dengan setiap pembaruannya. Salah satu cara Android menjaga keamanan data adalah melalui izin aplikasi, dengan meminta pengguna untuk mengizinkan atau menolak aplikasi mengakses perangkat. Ini biasanya dilakukan saat pertama kali pengguna menginstal dan menjalankan aplikasi tersebut.

Melalui Android 11, Google menambahkan reset otomatis untuk izin aplikasi yang selama beberapa bulan tidak digunakan. Fitur dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan agar tidak berjalan di latar belakang. Meskipun fitur secara eksklusif hadir untuk smartphone yang menjalankan Android 11, namun Samsung akan membuatnya hadir ke smartphone tanpa Android 11.

Mulai Desember, ponsel atau tablet Galaxy yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow ke atas dan memiliki akses ke aplikasi dan layanan Google, akan mendapatkan dukungan Android 11, yakni reset otomatis untuk izin aplikasi yang lama tidak digunakan. Fitur ini akan mendukung aplikasi apapun, dan juga bisa diaktifkan secara manual dari pengaturan ponsel.

Di samping itu, tidak diketahui lebih lanjut bagaimana cara Samsung akan menghadirkan fitur tersebut ke smartphone tanpa Android 11. Perusahaan mungkin akan mengungkapkannya setelah fitur meluncur pada Desember mendatang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia