Tips Berhenti Mengejar Persetujuan Orang Lain

unsplash.com

Persetujuan dan penerimaan dari orang lain memang hal yang bikin nagih. Siapa yang tak suka dapat perhatian dan pujian atau sekadar likes di media sosial? Atau kamu hanya butuh keyakinan lebih kalau kamu baik-baik saja ketika orang lain menyetujui pilihan hidupmu.

Nyatanya persetujuan atau approval bukan sesuatu yang bisa kita dapat dengan mudah kapan saja. Orang punya ekspektasi yang berbeda denganmu dan itu hal yang normal.

Mulai sekarang biasakan untuk tidak menunggu atau mencari persetujuan orang lain lewat tips berikut, deh. Niscaya hidupmu lebih tentram dan damai.

1. Bicara positif pada diri sendiri



unsplash.com

Mungkin selama ini kamu tak familier dengan self pep talk, nyatanya kebiasaan ini bisa memberikanmu sugesti baik. Lakukan lebih sering untuk menukar kata-kata jahat yang sering kamu lontarkan pada diri sendiri.

Coba dengan berhenti sejenak dan meditasi, pikirkan pengalaman indah dan hal yang kamu syukuri dalam hidup.

2. Dekatkan diri dengan orang-orang yang baik



unsplash.com

Kita memang perlu kritik untuk berkembang, tetapi terus-terusan berada di tengah orang yang hanya menghujat dan tidak memberikan solusi bukanlah hal yang tepat pula.

Cari lingkungan orang yang baik, benar-benar peduli, dan bikin kamu berkembang ke arah yang lebih positif. Sortir mereka yang mendukungmu untuk mengembangkan diri di media sosial dan jauhi orang-orang yang hanya bikin kamu kesal dan rendah diri.

3. Belajar dan berlatih mengenal diri sendiri sebelum bertanya ke orang lain



unsplash.com

Sebelum mengatasinya, kenali diri sendiri dulu. Sebelum tanya pendapat orang lain tentang keputusanmu, tanyakan pada dirimu sendiri dulu. Apa baik buruknya untuk dirimu sendiri? Apa yang membuatmu ragu?

Lakukan analisa dan latihan terus dengan kebiasaan ini. Niscaya, kamu bakal sadar kalau kamu punya kemampuan untuk memutuskan sesuatu sendiri bukan hanya karena ingin persetujuan orang lain.

4. Breakdown tugas



unsplash.com

Kamu mungkin mencari approval karena belum berpengalaman mengerjakan sesuatu dan takut bakal gagal. Wajar kok, tetapi kamu bisa mengatasinya dengan membuat daftar tugas. Pecah tugas jadi beberapa poin kecil dan lakukan perlahan.

5. Catat hal-hal yang kamu raih tiap harinya



unsplash.com

Setiap hari kamu pasti meraih sesuatu, sekecil apapun itu adalah proses yang harus diapresiasi. Biasakan untuk membuat daftarnya sebelum tidur dan kamu bakal merasa lebih percaya diri dengan kemampuan sendiri.

6. Buat goal yang realistis



unsplash.com

Kamu juga wajin membuat goal atau tujuan yang realistis. Jangan muluk-muluk. Kembali dengan mengenali diri sendiri dan tahu batas-batas kemampuanmu. Tak perlu memenuhi ekspektasi orang lain yang mungkin terlalu tinggi buatmu. Fokus membuat tujuan yang masih dalam jangkauanmu, perlahan tapi pasti.

7. Puasa media sosial kalau perlu



unsplash.com

Media sosial kini jadi sumber insecure terbesar dalam hidup manusia. Semua berusaha memamerkan pencapaian dan kabar bahagia mereka. Tak heran ada yang namanya fenomena FOMO atau takut ketinggalan hingga memicumu untuk membuktikan diri ke orang lain.

Puasa dulu, deh. Siapa tahu hidupmu bakal lebih tentram dan kamu bisa berproses dengan durasimu sendiri.

Terakhir tentu kemauan untuk berlatih. Semua nggak bisa dicapai dalam semalam. Lakukan tips di atas secara rutin selama beberapa minggu, semoga berhasil.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia