Wajib Baca! 10 Hal Receh Ini Bikin Rambutmu Sehat Sentosa

pexels.com

Rambut adalah mahkota kita. Tidak hanya untuk kaum hawa, kaum adampun sama. Rambut adalah bagian dari anggota tubuh yang penting untuk dirawat. Selain untuk menjaga kesehatannya, merawat rambut tentunya akan membuatnya tampak lebih indah alami.

Namun, nyatanya seringkali kita kurang hati-hati dalam memperlakukan rambut, alhasil, rambutpun seringkali terlihat kusam dan rusak. Kalau sudah begini, sampopun jadi kambing hitamnya. Padahal, sampo tidak selamanya salah loh. Bisa jadi cara kita memperlakukan rambut sehari-harilah yang salah. Nah, biar nggak salah lagi, sebaiknya kamu baca dulu deh 10 hal receh yang bisa bantu rambutmu shining, shimmering, splendid lagi!

1. Jangan tidur dengan kondisi rambut yang basah



pexels.com

Tubuh yang terasa bersih setelah mandi memang seringkali membuat kita terlena untuk sekadar rebahan sambil scrolling ponsel. Nah, kalau sudah begini, ketiduran jadi hal yang manusiawi. Tapi, tahukah kamu jika tidur dengan kondisi rambut yang basah bisa merusak rambut loh. Selain mengakibatkan pusing, tidur dengan kondisi rambut yang basah akan membuat pertumbuhan mikroorganisme menyerebak dengan cepat yang bisa menyebabkan infeksi kulit kepala! Kalau sudah begini, rambut jadi gampang rontok dan rusak.



2. Jangan terlalu sering keramas karena bisa biki rambut kering



pexels.com

Bagi beberapa orang, kegiatan mencuci rambut atau keramas adalah hal yang jarang dilakukan. Selain irit sampo, mereka juga malas. Ini tentu tidak baik, karena rambut akan lebih cepat kotor dan mudah berketombe. Namun, keseringan keramaspun sama tidak baiknya. Seorang hairstylist ternama Hollywood Dom Seeley memaparkan bahwa pH rambut kita rerata di antara 4.5-5, kalau keseringan keramas menggunakan produk sampo yang kaya akan kimia, maka pH rambut bisa kacau dan membuatnya jadi rapuh,lalu rusak.

3. Cari tahu kandungan dalam produk perawatan rambutmu



pexels.com

Mencari tahu kandungan dalam produk perawatan rambutmu juga menjadi salah satu hal receh yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambutmu rusak. Hal ini dikemukakan pula oleh Dom Seeley bahwa bahan seperti Sodium lauryl sulfate bisa menjadi pencetus rambutmu kering.

4. 4. Gunakan tipe sisir yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan rambut



pexels.com

Menggunakan tipe sisir yang sesuai dengan kebutuhan rambut juga bisa mencegah kerusakan rambut loh. Hal ini dikarenakan berbagai model rambut membutuhkan sisiryang tepat. Seperti rambut keriting yang lebih cocok dengan sisir yang lembut dan elastis untuk mencegahnya rontok. Salah-salah menggunakan sisir, bisa membuat akar rambut rapuh dan membuatnya mudah rontok hingga berketombe.

5. 5. Sempatkan waktu untuk memijat lembut kulit kepalamu



pexels.com

Memijat lembut kulit kepalamu saat rambut dalam keadaan tidak basah bisa loh jadi treatment receh agar sirkulasi darah di kepalamu lancar. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi petumbuhan rambut na mencegah rambut agar tidak rontok. Selain itu, pijat lembut kulit kepala akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Asal jangn kencang-kencang loh, ya!

6. 6. Jangan mengoleskan minyak rambut ketika rambut dalam keadaan basah



pexels.com

Mengoleskan minyak rambut dalam keadaan rambut yang masih basah bisa membuat kulit kepalamu kering, loh! Sama halnya seperti mencampur air dan minyak, mereka tidak akan bersatu, malah akan membebani kulit kepalamu dan membuatnya kering.

7. 7. Usahakan menyisir rambut dulu sebelum keramas



pexels.com

Mungkin kamu sering melewatkan ritual menyisir rambut sebelum keramas. Kenapa harus disisir? Karena menyisir rambut sebelum keramas akan membuat rambutmu rapi, dan tidak kusut. Hal ini akan memudahkanmu saat mengusap rambut selama keramas dan menghindari rambut yang kusut untuk tertarik, sehingga akar rambutmu tetap kuat dan rambutpun tidak mudah rontok.

8. 8. Jangan menyemprotkan parfum ke arah rambut



pexels.com

Hal receh yang seringkali kita tidak ketahui yang lama-lama bisa merusak rambut salah satunya adalah menyemprotkan parfum ke arah rambut dengan tujuan agar rambut wangi. Produk untuk kulit dan lainnya tentu tidak bisa disamakan dengan produk untuk rambut. Parfum memiliki kandungan konsentrasi yang tinggi yang tidak cocok bila sering terkena rambut. Hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kusut, dan rusak berat.

9. 9. Jangan sering-sering keramas menggunakan air hangat apalagi panas



pexels.com

Mandi dengan air hangat memang memiliki banyak manfaat terutama untuk mengusir rasa lelah dan penat setelah berkegiatan seharian. Namun, jika hal ini dilakukan setiap hari dan sampai membasahi rambut, maka bersiaplah dengan hasil rambut yang kusut dan kering. Kulit kepala yang sering terkena air hangat maupun panas lama kelamaan akan kering, dan membuat rambutpun ikutan kering dan kusut. Kalau sudah begini, kilau rambut akan hilang dan rambut pastinya kusam. Jika dibiarkan terus-menerus rambutmu akan berubah warna menjadi pirang dan tipis.

10. 10. Rajin-rajin membersihkan sisir agar rambut juga bersih



pexels.com

Rajin membersihkan sisir tentu akan menjauhkan kulit kepalamu dari berbagai ancaman penyakit dan kotoran yang dibawa melalui sisir rambut. Rambut kita menyimpan banyak debu dan kotoran, belum lagi serangga kecil yang seringkali hinggap. Jika sisirmu jarang dibersihkan, maka bersiaplah dengan sederet ancaman penyakit kulit kepala dan rambut yang rusak.

Merawat rambut itu penting. Tidak harus selalu harus mengeluarkan kocek besar, merawat rambut bisa dimulai dari melakukan hal-hal receh secara telaten. Maka dari itu, jangan malas lagi untuk merawat kesehatan rambut, karena dengan rambut yang sehat aura kecantikan dan ketampanan otomatis jadi maksimal.


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia