Google Photos akan rilis fitur yang hanya ada di Pixel

Locked Folder adalah fitur untuk menyembunyikan foto atau video dalam folder terkunci yang sebelumnya hanya ada untuk pengguna smartphone Pixel.

Pengguna perangkat Android akan segera mendapatkan akses ke fitur khusus Google Photos yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna Pixel, yakni Locked Folder. Fitur ini bertujuan untuk menyembunyikan foto atau video dari orang-orang usil, seperti dikutip dari SlashGear (24/9).

Google pertama kali mengumumkan Locked Folder pada Mei 2021, dalam acara Google I/O. Namun, fitur ini hanya terbatas pada Pixel 3 dan yang lebih baru. Untungnya dengan unggahan blog terbaru dari perusahaan raksasa teknologi ini, fitur akan segera dibagikan untuk seluruh pengguna smartphone atau tablet Android.

Menurut Google, Locked Folder akan diluncurkan ke semua pengguna Android yang menjalankan sistem operasi terbaru. Folder yang menyimpan video dan foto tertentu diamankan dengan kata sandi atau biometrik seperti sidik jari untuk membatasi akses.

Selain itu, konten Locked Folder tidak disajikan dalam memori, galeri, atau hasil pencarian. Sebab, Locked Folder ditujukan untuk menyembunyikan foto atau video yang sangat pribadi, sehingga jejaknya tidak akan terlihat oleh semua orang kecuali sang pemilik.

Setelah fitur tersebut resmi diluncurkan, Anda dapat menggunakan folder ini dengan cara membuka Google Photos pada ponsel atau tablet lalu masuk ke menu Library. Kemudian, pilih opsi Utilities dan setelahnya klik pilihan Locked Folder.

Pada halaman ini, pengguna dapat membuat folder terkunci dengan memilih Set up Locked Folder. Setelah folder dibuat, foto dan video yang ingin disembunyikan dapat dipindahkan ke folder ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia