Mengenal Dolby Atmos dan Dolby Vision pada Xiaomi Pad 5

Dolby Atmos dan Dolby Vision pada Xiaomi Pad 5 memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik dari pendahulunya.

Xiaomi belum lama ini meluncurkan generasi terbaru dari jajaran tabletnya yakni Xiaomi Pad 5. Berbeda dari para pendahulunya, Pad 5 hadir dengan layar yang jauh lebih besar yakni 11 inci dan spesifikasi unggulan untuk mendukung pengalaman multimedia yang lebih baik.

Di era pandemi ini, kebutuhan hiburan dan produktivitas bergabung menjadi satu kesatuan yang harus dipenuhi suatu perangkat, baik itu smartphone maupun tablet. Dari segi tablet, Xiaomi ingin memenuhi kebutuhan tersebut lewat Xiaomi Pad 5 yang kini dilengkapi oleh teknologi Dolby Atmos untuk audio dan Dolby Vision untuk layar.

Tablet yang dibanderol hampir Rp5 juta ini memiliki teknologi unggulan dari segi audio yakni Dolby Atmos. Teknologi ini dapat menghasilkan suara yang lebih imersif karena pengguna akan tenggelam dalam suara melalui empat speaker yang disematkan.

Senior Regional Director, Emerging Market, Dolby Laboratories Ashim Mathur menjelaskan, Dolby Atmos tidak mengenal istilah channel yang ada di teknologi audio stereo dan surround. Sebab, suara kini tidak hadir dari dua atau enam channel, melainkan dari seluruh penjuru pengguna yang seolah-olah menenggelamkan mereka. Dengan demikian, menonton konten atau film menggunakan Pad 5 akan terasa seperti di bioskop.

Sementara itu, Dolby Vision memberikan tampilan layar yang lebih bersih dan nyata. Berdasarkan presentasi Ashim dalam agenda Xiaomi hari ini (24/9), Dolby Vision membuat kecerahan di layar lebih mengesankan dan memperluas kontras. Gambar detail juga akan semakin jelas terlihat, dengan tingkat akurasi warna yang lebih tinggi lagi.

“HItam akan terlihat benar-benar hitam dan putih benar-benar putih,” kata Ashim ketika menginterpretasikan warna yang dihasilkan Dolby Vision.

Teknologi Dolby Vision pada layar 11 inci serta resolusi WQHD+ dan kecepatan refresh 120Hz semakin mendukung layar untuk menampilkan konten lebih baik dari segi kecerahan, warna, hingga detail.

Dibanderol Rp4.999.000, Xiaomi Pad 5 diklaim sebagai tablet berperforma tinggi namun dengan harga terjangkau. Calvin Nobel selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia mengatakan, saat ini terdapat dua jenis tablet yang ditawarkan di pasar, yaitu spesifikasi tinggi dengan harga tinggi dan spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau. Melihat tren ini, Xiaomi ingin menghadirkan perangkat dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

“Akhirnya Xiaomi memberikan dan membawa sebuah tablet yang memberikan performa luar biasa, dengan teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos juga dengan harga yang terjangkau. Jadi menurut kita itu salah satu yang penting,” kata Calvin.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia