Selain Netflix, ini daftar situs streaming di Indonesia

Kini sudah banyak situs nonton film secara streaming yang legal. Berikut Tek.id rangkum rekomendasi 15 situs streaming film terlengkap dan update.

Aktivitas menonton film secara streaming menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk menghabiskan waktu dan mendapat asupan hiburan di tengah pandemi. Namun tentu saja, sebaiknya Anda menonton melalui situs yang legal.

Ada tiga alasan utama Anda harus menonton film streaming legal yaitu menonton lebih nyaman karena bisa lintas platform. Kedua, kualitas film yang ditawarkan sangat bagus dan ada opsi untuk download film agar bisa ditonton secara offline. Ketiga, Anda juga berperan dalam mendukung dan menghargai para sineas film nasional dan internasional untuk terus berkarya.

Saat ini sendiri, sudah banyak situs nonton film secara streaming yang legal. Berikut Tek.id rangkum rekomendasi 15 situs streaming film terlengkap dan update yang bisa ditonton secara legal.

1. Netflix

Netflix telah hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Layanan streaming film asal Amerika Serikat ini memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan dimanapun. Anda juga bisa mengakses konten melalui ponsel, smart TV, tablet, PC maupun laptop.

Netflix memiliki katalog lengkap yang berisi film, film dokumenter, acara TV, anime, serta masih banyak tayangan lain. Netflix mematok tarif langganan dengan rentang harga mulai dari Rp49.000 hingga Rp169.000 per bulan tanpa biaya ekstra dan tanpa kontrak.

2. Viu

Viu adalah layanan video over-the-top (OTT) yang dikelola oleh PCCW Media, Hongkong. Layanan ini secara resmi hadir di Indonesia pada 26 Mei 2016. Sejumlah pengguna menganggap Viu sebagai sebuah wadah untuk menonton drama, variety show, bahkan reality show Korea. Tidak hanya itu, perusahaan pun menyajikan sejumlah serial televisi yang berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang, hingga India. Harga standar Viu Premium adalah Rp33.000 per bulan (sudah termasuk PPN).

3. Disney+ Hotstar

Disney+ Hotstar adalah layanan streaming film legal yang menyediakan film-film mancanegara seperti film-film Hollywood dan film Disney. Disney+ juga memutar film lokal Indonesia. Terdapat dua pilihan biaya berlangganan Disney+ Hotstar, yakni Rp39.000 per bulan dan Rp199.000 setahun.

4. HBO Go

HBO Go hadir di Indonesia melalui layanan Maxstream. Harga langganannya mulai dari Rp60.000 per bulan yang bisa dibayarkan lewat pulsa dan Gopay yang terkoneksi dengan Google Pay. Pelanggan bisa menonton lebih dari ribuan jam tayangan HBO Original, HBO Asia Original, dan film-film Hollywood melalui perangkat mobile atau smartphone.

5. Amazon Prime Video

Raksasa e-commerce buatan Jeff Bezos ini memberikan opsi baru kepada masyarakat Indonesia yang ingin nonton streaming film dengan pilihan konten yang beragam. Ada berbagai cara untuk bisa berlangganan Amazon Prime Video, salah satunya adalah melalui potong pulsa. Salah satu operator yang melayani pembayaran via potong pulsa adalah 3 Indonesia. Aplikasi Amazon Prime Video bisa Anda unduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Untuk pelanggan baru, Amazon Prime memberikan masa percobaan secara gratis selama 7 hari. Dalam masa ini, pengguna dapat menikmati film dan serial TV layaknya sedang berlangganan secara premium. Setelah masa percobaan gratis selesai, pengguna akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp89.000 untuk periode 30 hari.

6. iQiyi

iQIYI adalah layanan streaming yang dirilis pada 22 April 2020 di Beijing dan Shanghai, Tiongkok. Platform ini memiliki berbagai acara, film, sampai serial dari Negeri Panda, Korea Selatan, sampai Jepang. Penonton bisa mengakses konten secara gratis dan berlangganan. Tak hanya serial Asia, iQiyi juga menyediakan animasi dan acara TV dari Jepang hingga Tiongkok. Biaya berlangganan setiap bulannya dibanderol Rp99.000 tetapi untuk pengguna baru di Indonesia, Anda cukup membayar Rp3.000 saja.

7. Hulu

Hulu menyediakan banyak koleksi film dengan kualitas HD, hanya saja tidak semua film bisa Anda unduh dan di tonton secara gratis. Anda harus berlangganan, tetapi Anda masih bisa mengaksesnya secara gratis dengan konsekuensi konten-konten yang ada di Hulu akan dibatasi. Secara teknis, Hulu hanya tersedia di AS. Namun beberapa orang khususnya di Indonesia ada yang menggunakan Hulu VPN agar bisa mengaksesnya dan melakukan pembayaran dengan PayPal. Ada tiga layanan yang bisa Anda pilih, yaitu Hulu dengan harga USD5.99, Hulu (Tanpa iklan) dengan harga USD11.99, dan Hulu + Live TV dengan harga USD54.99 per bulan.

8. Mola TV

Mola TV menawarkan beragam hiburan mulai dari acara olahraga, serial, film, sampai berbagai genre tayangan. Mola TV menyediakan beberapa tayangan secara gratis. Untuk mengakses gratis, pengguna bisa masuk akun menjadi anggota terlebih dahulu. Platform ini menawarkan biaya berlangganan mulai dari Rp50.000 per bulan untuk tayangan hiburan.

9. WeTV

WeTV merupakan layanan streaming yang menampilkan berbagai program Asia, mulai dari serial, film, anime, sampai variety show. WeTV juga menggunakan fitur berlangganan VIP untuk menonton film dan serial premium tanpa iklan. WeTV mematok harga mulai dari Rp35.000 untuk langganan satu bulan.

10. Go-Play

Layanan streaming film legal GoPlay milik Gojek ini juga memiliki banyak koleksi film Indonesia. Tak hanya menyajikan film-film Indonesia, namun GoPlay juga hadir untuk memberikan panggung bagi para kreator film lokal untuk memamerkan karya mereka. Untuk dapat menikmati GoPlay, pengguna harus menebusnya dengan berbagai macam tarif yang ditetapkan dalam berbagai paket tawaran, namun yang perlu diketahui GoPlay menetapkan tarif Rp89.000 untuk langganan sebulan.

11. iFlix

iFlix adalah layanan video on demand yang dibentuk sejak 2014. Namun di Indonesia, layanan iFlix hadir pada akhir 2015. Layanan video on demand asal Malaysia ini menyajikan konten yang beragam mulai dari serial televisi, film box office, hingga acara khusus anak-anak. Untuk menikmati fasilitas secara penuh, iFlix menawarkan empat paket berlangganan seperti Daily Plan Rp2.000 per hari (bayar pakai pulsa); Weekly Plan Rp10.000 per minggu; Monthly Plan Rp40.000 per bulan.

12. Genflix

Genflix merupakan salah satu situs streaming legal di Tanah Air. Situs ini menyajikan konten film baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Biaya langganan Genflix memang relatif murah, pengguna perlu membayar paket langganan sebesar Rp49.000 untuk sebulan. Usai membayar, pengguna dapat menikmati tontonan di Genflix yang dapat dinikmati dengan batasan maksimal tiga device. Selain itu, koleksi film di Genflix akan berubah tiap bulan, serta terdapat konten yang sangat lokal seperti konten berbahasa Jawa.

13. CatchPlay

CatchPlay merupakan salah satu situs penyedia layanan streaming film yang paling sering update film Indonesia terbaru. Pengguna dapat menikmati layanan ini secara gratis namun terbatas. Jika ingin menikmati secara penuh, Catchplay menentukan tarif langganan paket premium sebesar Rp60.000 per bulan.

14. Retrovision

Situs penyedia film legal terbaik yang menawarkan film gratis berikutnya adalah Retrovision. Bagi kita yang menyukai film-film bergenre klasik, maka Retrovision akan terasa cocok. Situs ini menampilkan gambar hitam-putih yang identik dengan film-film lawas tahun 1990-an mulai dari genre komedi, roman, fiksi ilmiah, hingga drama.

15. MaxStream

Telkomsel meramaikan industri streaming film di Indonesia lewat MaxStream. Layanan streaming film ini memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai konten video dari saluran video on demand lokal maupun internasional. Film-film di layanan MaxStream memiliki kualitas gambar yang baik. Ada tiga pilihan paket, yakni Free Channel, Basic Channel dan Premium Channel. Selain itu, di masa pandemi ini, MaxStream juga menayangkan konser dan wisuda online. Untuk harganya, cukup merogoh kocek mulai Rp10.000 saja agar bisa menikmati berbagai konten dari MaxStream.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia