Peneliti keamanan temukan bug di iOS 15

Para peneliti keamanan mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan bug keamanan di OS terbaru Apple, yakni iOS 15.

Jika berbicara mengenai OS baru, kebanyakan orang tidak ingin langsung menggunakannya karena takut akan risiko bug. Hal ini terjadi di hampir semua OS, meski para pengembang pun selalu segera menggulirkan pembaruan untuk menambal bug tersebut,

Ternyata, hal ini terjadi di OS terbaru milik Apple, yakni iOS 15. Bukan hanya bug biasa, namun para peneliti keamanan ternyata mendapati sebuah bug yang membuka pintu eksploitasi yang dapat membahayakan penggunanya.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan anonim. Tapi, kemudian bug dan celah keamanan ini kemudian diverifikasi oleh Kosta Eleftheriou. Mereka mengungkap, bug ini sudah terdapat dari beberapa OS sebelumnya.

“Kami telah melaporkan empat kerentanan 0-hari tahun ini antara 10 Maret dan 4 Mei, sampai sekarang tiga di antaranya masih ada di versi iOS terbaru (15.0) dan satu diperbaiki di 14.7, tetapi Apple memutuskan untuk menutupinya dan tidak mencantumkannya di halaman konten keamanan,” kata para peneliti, seperti dikutip dari laman Ubergizmo (26/9).

“Ketika kami mengkonfrontasi mereka, mereka meminta maaf, meyakinkan kami bahwa itu terjadi karena masalah pemrosesan dan berjanji untuk mencantumkannya di halaman konten keamanan pembaruan berikutnya. Ada tiga rilis sejak saat itu dan mereka selalu melanggar janji mereka.”

Kerentanan ini sedikit teknis tetapi dijelaskan di blog peneliti, jadi jika kalian penasaran untuk mempelajari lebih lanjut, kalian dapat mengunjungi situs ini. Sayangnya, perusahaan asal Cupertino tersebut belum menanggapi postingan tersebut.

Tetapi, mengingat bahwa eksploitasi ini telah dipublikasikan dan berpotensi dieksploitasi oleh peretas yang sekarang mengetahuinya, semoga mereka akan segera menambalnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia