Jumlah Investor Naik 2 Kali Lipat, Ajaib Sekuritas Duduki Peringkat Nomor 1

twitter.com

Ajaib Sekuritas, broker ritel online terbesar di Indonesia, sukses menduduki peringkat nomor 1 berdasarkan jumlah investor saham.

Optimalisasi digital yang dimulai sejak 2019, lalu dimaksimalkan tahun 2020, dan sinergi serta kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan pasar modal, telah menjadi kekuatan pengembangan investor pada 2021. Hal ini menjadi alasan utama bagi pesatnya peningkatan jumlah investor baru pada tahun ini.

1. Jumlah investor baru meningkat dua kali lipat dari tahun lalu



www.trenasia.com

Pencapaian itu diraih beriringan dengan terciptanya rekor baru untuk penambahan SID pasar modal. Jumlah investor baru pasar modal sejak awal 2021 hingga 31 Agustus 2021 mencapai 2,21 juta investor atau meningkat hampir dua kali lipat dari pencapaian tahun lalu. Menjadikan total investor pasar modal meningkat menjadi 6,1 juta investor.

2. Investor didominasi milenial



unsplash.com

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, hingga Juli 2021, Investor pasar modal sudah mencapai 5,82 juta. Jumlah tersebut meningkat 93% secara YoY yang didominasi oleh investor ritel milenial. Data ini pun selaras dengan jumlah Investor Ajaib yang lebih dari 90% didominasi oleh generasi milenial dan Gen-Z.

Dilansir dari Bisnis.com, penambahan modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) telah selesai pada 22 September 2021. Aplikasi Ajaib Sekuritas mencatatkan 10.000 transaksi yang menebus dan menjual rights issue ini. Hal ini menjadi bukti bahwa semakin banyak generasi milenial dan Gen-Z yang tertarik untuk berinvestasi.

Hal ini pun menunjukkan tanda yang positif terhadap pertumbuhan inklusi keuangan di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda. Investor milenial berperan besar sebagai penggerak peningkatan investor domestik ritel.

3. Ajaib gencar melakukan literasi keuangan



www.beritasatu.com

Pencapaian yang saat ini diraih oleh Ajaib Sekuritas tak diraih dalam waktu semalam. Dalam kurun waktu 2 tahun, Ajaib sudah gencar melakukan literasi keuangan bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Dilansir dari Bisnis.com, CEO Ajaib Group Anderson Sumarli mengatakan bahwa kegiatan edukasi itu akan fokus pada daerah di Indonesia yang masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah dengan fokus utama terhadap generasi milenial.

Program itu bertajuk 1.000 program Generasi Saham, yaitu dengan menjalankan 1.000 acara edukasi literasi keuangan melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) dengan Kantor Perwakilan BEI di berbagai wilayah dan pendirian Galeri Investasi BEI.

Saat ini Ajaib berkomitmen untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan inklusi serta literasi keuangan dalam negeri dengan memberikan edukasi dan akses investasi online melalui aplikasi Ajaib. Tak hanya itu, Ajaib juga berupaya untuk terus berinovasi agar memberikan pengalaman investasi terbaik.

Ajaib juga menegaskan akan terus mengedukasi generasi muda untuk lebih melek investasi dan lebih produktif.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia