Skuter listrik ini punya teknologi mobil otonom

Kemitraannya dengan Google telah mengarah pada penerapan navigasi arah di skuter listrik tersebut. Pengendara hanya perlu memasukkan tujuan ke aplikasi iOS/Android di ponsel.

Perusahaan mobilitas listrik berbasis di Oakland, Unagi, telah bekerja sama dengan desainer industri terkenal Yves Behar untuk skuter listrik bersuspensi lengkap dan kecerdasan buatan (AI). Skuter ini dikatakan dapat memperingatkan pengendara mengenai kemungkinan tabrakan dengan orang atau benda.

Unagi sendiri sudah masuk ke kancah mikro mobilitas listrik pada 2018 dengan peluncuran perangkat bernama Scooter di Kickstarter. Perusahaan ini telah meluncurkan upaya crowdfunding lain, kali ini di Indiegogo, untuk mengumpulkan dana produksi agar dapat membuat produk yang disebut “skuter terpintar di dunia”.

Dilansir dari New Atlas (27/9), Unagi telah berhasil memasukkan sistem bantuan pengemudi canggih ke dalam skuter Model Eleven, sebuah adaptasi dari jenis teknologi yang ditemukan pada mobil otonom. Skuter ini dilengkapi integrasi sensor dan kamera HD untuk memindai lingkungan serta memperingatkan potensi bahaya, seperti bahaya tabrakan melalui sistem audio terintegrasi dan tampilan layar sentuhnya. Perusahaan mengatakan sistem AI-nya mampu mengidentifikasi orang, kendaraan, benda mati, serta lampu berhenti dan tanda berhenti.

Kemitraannya dengan Google telah mengarah pada penerapan navigasi arah di skuter listrik tersebut. Pengendara hanya perlu memasukkan tujuan ke aplikasi iOS/Android di ponsel. Kemudian ponsel itu terhubung ke Model Eleven dan petunjuk arah muncul di layar stang sambil juga menawarkan petunjuk audio melalui speaker internal, memungkinkan ponsel disimpan dengan aman di saku, dalam perjalanan.

Skuter listrik yang dapat dilipat ini menggunakan komposit serat karbon untuk menjaga bobot tetap ringan, hanya 14,5 kg. Medan yang tidak rata akan menjadi terasa mulus berkat suspensi berbasis elastomer empat unit.

Kendaraan tersebut diperkuat dengan motor ganda 500W yang menawarkan kecepatan hingga 32 km/jam. Baterainya memiliki kapasitas 9.700 mAh, menawarkan jarak tempuh hingga 25 km dalam sekali isi ulang. Baterai tersebut juga dapat dilepas agar dapat diganti dengan baterai cadangan.

Fitur keamanannya termasuk sensor gerak dengan alarm dan pelacakan GPS dengan kemampuan untuk mematikan skuter dari jarak jauh jika terjadi percobaan pencurian. Harga untuk Unagi Model Eleven adalah USD1.690 (Rp24 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia