Kalahkan Instagram, TikTok kini punya 1 miliar pengguna

TikTok berhasil memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan, tiga tahun setelah diluncurkan secara global, sedangkan Instagram membutuhkan waktu enam tahun.

Saat ini, media sosial menjadi salah satu platform yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. Saking banyaknya pengguna media sosial, TikTok mengatakan mereka meraih pencapaian besar.

TikTok mengumumkan saat ini sudah mendapatkan 1 miliar pengguna aktif bulanan, seperti lapor Engadget (28/9). Banyak pihak yang mengatakan peningkatan popularitas TikTok belakangan ini dirasa sangat mengesankan. Sebab, hampir setahun lalu mereka terancam blokir di Amerika Serikat, di bawah pemerintahan Donald Trump.

Seperti diketahui, TikTok pertama kali diluncurkan pada 2017 di pasar global, setelah meluncur selama beberapa tahun diluncurkan di Tiongkok. Perusahaan hanya membutuhkan kurang lebih 3 tahun untuk mencapai angka satu miliar pengguna.

Jika dibandingkan dengan Instagram, tentu saja kepopuleran TikTok jauh lebih signifikan. Seperti diketahui, Instagram mendapatkan banyak pengguna setelah diakuisisi oleh Facebook pada 2012.

Mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang sama. Instagram baru memiliki 1 juta pengguna aktif pada 2018, yang berarti membutuhkan waktu enam tahun untuk mencapai 1 miliar pengguna.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat ini penetrasi internet jauh lebih tinggi jika dibandingkan saat Instagram menawarkan platform-nya. Sedangkan TikTok memulai debut mereka saat penggunaan media sosial ada di angka tertinggi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia