Patung LIberty tampil 3D di Apple Maps versi iOS 15

Apple menghadirkan tampilan 3D untuk kota-kota tertentu, termasuk New York, London, Los Angeles, dan San Francisco di Apple Maps versi iOS 15

Apple mengatakan perilisan iOS 15 merupakan “pembaruan terbesar yang pernah ada” dari sisi Apple Maps. Pembaruan ini menghadirkan tampilan 3D sepenuhnya pada kota tertentu, dengan grafis dan desain yang dibuat untuk lebih meningkatkan pengalaman seseorang saat menjelajahi area baru, seperti dikutip dari SlashGear (28/9).

Sejauh ini, hanya terdapat 4 kota yang mendukung tampilan 3D, yaitu London, Los Angeles, New York City, dan San Francisco Bay Area. Selain 4 kota tersebut, pembaruan ini menampilkan patung Liberty dan London Eye Pier versi 3D. Apple juga berencana menambahkan cakupannya ke Philadelphia, San Diego, dan Washington D.C. dalam tiga bulan ke depan.

Meski Indonesia belum termasuk dalam salah satu daftar Apple Maps 3D, namun sangat menarik melihat kota-kota yang ada dalam tampilan 3D. Pemetaan 3D ini mengingatkan kita pada sistem Niantic yang menggunakan pemindaian 3D yang ditangkap dengan fotogrametri oleh pemain Pokemon GO dan judul serupa. Laporan menyebutkan, sistem tampilan 3D Apple dengan arsitektur 3D dibuat sepotong demi sepotong.

Di samping itu, Apple juga memperkenalkan bola dunia 3D di Apple Maps iOS 15. Ini memungkinkan pengguna menavigasi Bumi dengan tekstur dan kontur yang ditambahkan. Dari bola dunia tersebut, akan terlihat area-area yang ditampilkan 3D, sedangkan area yang tidak mendukung akan tampil seperti biasa.

“Sekarang bahkan lokasi paling terpencil dan berharga di planet ini dapat dijelajahi langsung dari iPhone,” kata Apple.

Apple Maps iOS 15 juga menghadirkan fitur futuristik lain, seperti petunjuk arah dengan AR, tampilan 3D untuk rute-rute tertentu, petunjuk arah bersepeda, laporan insiden, dan tampilan jalan layang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia