Performa iPhone 13 Pro raih posisi 4 DXOMARK

Baru-baru ini DXOMARK telah menguji kamera iPhone 13 Pro, dan ponsel ini berhasil meraih skor keseluruhan 137 poin.

Beberapa waktu lalu Apple secara resmi mengumumkan seri iPhone 13. Salah satu dari seri tersebut adalah iPhone 13 Pro. Prosesor yang digunakannya adalah A15 Bionic racikan Apple sendiri. Layar dari ponsel ini berukuran 6,1 inci dengan refresh rate 120 Hz.

Salah satu fitur yang ditekankan pada iPhone 13 Pro adalah kameranya. Pada sisi belakang, ponsel ini memiliki konfigurasi tiga kamera, yang terdiri dari kamera utama beresolusi 12 MP (f/1.5) 26mm dual pixel PDAF serta sensor-shift OIS. Kamera Kedua adalah telefoto (77mm) zoom optik 3x 12 MP dengan OIS. sedangkan kamera terakhir adalah ultra lebar 13 mm beresolusi 12 MP.

Sebagai catatan, seluruh focal length yang tertera sudah disetarakan dengan format kamera 35mm. Tidak ketinggalan pula sistem Lidar 3D Time-of-Flight (TOF) yang membantu menghasilkan foto bokeh selayaknya menggunakan kamera DSLR atau mirrorless dengan aperture besar.

Baru-baru ini DXOMARK telah menguji kamera iPhone 13 Pro, dan ponsel ini berhasil meraih skor keseluruhan 137 poin. Dengan ini, ponsel buatan Apple tersebut bertengger di posisi keempat, tepat di atas Huawei Mate 40 Pro (136 poin) dan di bawah Huawei Mate 40 Pro+ (139 poin). Sebagai informasi, posisi pertama dikuasai oleh huawei P50 Pro dengan skor 144 poin.

Seperti telah diketahui, 137 poin pada performa kamera belakang iPhone 13 Pro adalah nilai rata-rata dari pengujian Photo dengan skor 144 poin, Zoom dengan 76 poin, dan Video dengan 119 poin.

Nilai tertinggi pada pengujian Photo adalah Color atau warna, yang berhasil meraih 107 poin. Hal ini disebabkan oleh akurasi yang cukup tinggi dari warna yang ditawarkannya. Tidak ketinggalan pula White balance yang akurat pada hampir seluruh kondisi cahaya.

Kualitas warna dan kontras telah mengalami peningkatan pada potret dengan cahaya latar dan gambar menunjukkan tingkat detail yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pendahulunya, terutama saat memotret dalam kondisi dalam ruangan. Para insinyur Apple telah berhasil menggunakan pitch piksel sensor baru yang lebih besar untuk meningkatkan pelestarian detail, tetapi, seperti pada 12 Pro, gangguan noise luminance masih terlihat di sebagian besar situasi pemotretan.

Skor Zoom kamera dengan nilai 76 poin bisa dibilang kurang cukup bagus. Namun performanya masih memiliki peningkatan jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro. Ini berkat zoom optik 3x dibandingkan dengan 2,5x pada model lawas.

Skor pengujian Video 119 poin terbilang sangat baik, berkat beberapa peningkatan hardware pada iPhone 13 Pro. Performa AF meningkat yang kini lebih responsif dan akurat pada setiap adegan dan kondisi pencahayaan. Perpindahan fokus terlihat mulus saat mendeteksi subjek dekat maupun jauh. Tidak ada pula gangguan fokus maju-mundur.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia