Intel Meteor Lake akan punya NPU terintegrasi

Dalam sebuah bocoran terbaru disebutkan bahwa Intel akan memasukkan NPU di dalam jajaran CPU Meteor Lake.

Intel tampaknya sudah memiliki senjata rahasia baru untuk jajaran prosesor generasi terbaru mereka. Kali ini, sebuah bocoran terkait jajaran prosesor Meteor Lake yang bocor di internet.

Dalam sebuah bocoran terbaru, diketahui jajaran CPU Meteor Lake akan memiliki kemampuan Neural Engine yang tertanam di dalamnya. Hal ini seperti apa yang dilakukan oleh Apple di jajaran CPU mereka, baik untuk smartphone dan perangkat Macintosh.

Bocoran ini sangat mengejutkan dikarenakan Intel belum merilis CPU Alder Lake mereka. Disebutkan bahwa jajaran prosesor tersebut akan diluncurkan pada 4 November mendatang, yang akan disusul Meteor Lake dalam waktu yang belum ditentukan.

Dilansir dari Wccftech (29/9), bahwa Neural Engine atau VPU yang ada di CPU Intel ini akan mirip dengan teknologi Neural Engine Apple yang ada pada prosesor M1 mereka. Seperti diketahui, Neural Engine atau Neural Processing Unit (NPU) bertanggung jawab untuk menjalankan algoritma machine learning.

NPU dirancang untuk mempercepat kinerja tugas machine learning umum seperti klasifikasi gambar, mesin terjemahan, deteksi objek, dan berbagai model prediktif lainnya. NPU dapat menjadi bagian dari SoC besar, sejumlah NPU dapat dipakai pada satu chip, atau mungkin menjadi bagian dari akselerator jaringan saraf khusus.

Dijelaskan juga dengan hadirnya VPU di prosesor, Intel dapat memproses video dengan lebih efisien, meningkatkan output video, dan lainnya. Jadi pengguna akan mendapatkan pengalaman multimedia yang lebih baik.

Namun, seperti diketahui bahwa AMD juga dikabarkan akan menggunakan akselerasi pembelajaran mesin di dalam CPU mereka di beberapa produk mereka, termasuk jajaran prosesor Van Gogh dan Rembrandt.

Jadi, di masa depan kita akan melihat lebih banyak prosesor mainstream berbasis X86 menggunakan akselerasi pembelajaran mesin yang tertanam di dalam prosesor.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia