HTC rilis VR Vive Flow, nyaman dipakai dan ringan

Tidak ketinggalan pula speaker stereo dengan dukungan audio spasial dan mikrofon ganda dengan pembatasan gema dan kebisingan.

HTC telah mengumumkan headset VR terbaru bernama Vive Flow. Ini adalah perangkat VR pertama perusahaan tahun ini yang ditargetkan untuk konsumen, dan bukan untuk perusahaan. Headset baru ini juga memiliki desain unik yang membuatnya terlihat seperti kacamata berukuran besar.

HTC fokus pada kenyamanan saat mendesain Vive Flow. Perangkat ini dirancang untuk dikenakan seperti kacamata ketimbang diikat seperti kebanyakan headset VR lainnya. Bobotnya juga ringan, hanya 189 gram, karena baterainya tidak ada di perangkat. Perangkat ini memiliki konektor USB-C yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ke sumber daya eksternal seperti powerbank.

Dilansir dari Gizmochina (15/10), Vive Flow memiliki dua layar LCD 2,1 inci dengan resolusi 1600 x 1600 per mata. Layar ini mendukung refresh rate 75 Hz dan bidang pandang 100 derajat. VR ini juga dilengkapi dengan 2 kamera untuk melihat dari dalam perangkat agar pengguna dapat melihat lingkungan sekitarnya.

Prosesor yang digunakannya adalah Qualcomm XR1 serta RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Tidak ketinggalan pula speaker stereo dengan dukungan audio spasial dan mikrofon ganda dengan pembatasan gema dan kebisingan. HTC mengatakan pengguna juga dapat menghubungkan headphone Bluetooth ke Vive Flow.

Produk ini tidak memiliki kontrol sendiri tetapi pengguna dapat menggunakan ponselnya yang terhubung sebagai kontroler. Untuk menggunakan Vive Flow, pengguna harus membuat akun di platform Vive di ponselnya. Kemudian sambungkan headset ke ponsel melalui Bluetooth, dan sambungkan ke jaringan Wi-Fi 5 GHz.

Perusahaan asal Taiwan tersebut mengungkapkan bahwa perangkat akan diluncurkan dengan 100 aplikasi dan mendukung 150 pada akhir tahun ini. Pengguna juga dapat mentransmisikan ponsel mereka ke headset melalui Miracast dan bahkan menonton konten dari aplikasi streaming.

Saat ini, Vive Flow hanya kompatibel dengan perangkat Android dengan versi 9 (Pie) ke atas. harga untuk VR terbaru dari HTC ini adalah USD499 (Rp7 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia