WhatsApp mulai luncurkan cloud backups terenkripsi e2e

Cloud backups terenkripsi end-to-end memungkinkan pengguna menyalin data WhatsApp ke penyimpanan clouds tanpa khawatir terhadap keamanan privasi.

WhatsApp secara resmi meluncurkan cloud backups terenkripsi end-to-end. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan riwayat obrolan mereka tanpa mengorbankan privasi. Menurut laporan dari SlashGear (15/10), fitur itu saat ini mulai diluncurkan ke pengguna secara bertahap.

Selama proses peluncuran bertahap ini, perusahaan terus memantau pengalaman pengguna dan memastikan setiap potensi masalah dapat diatasi sebelum fitur tersebut hadir ke seluruh pengguna.

Cloud backups atau cadangan cloud terenkripsi pertama kali tiba dalam format beta kepada pengguna terdaftar, namun hanya sebagian kecil. Setelah fitur ini meluncur, pengguna akan memiliki opsi untuk menyimpan log pesan terenkripsi di iCloud atau Google Drive.

Dengan membackup obrolan melalui penyimpanan cloud, pengguna dapat mengakses obrolan masa lalu, bahkan jika mereka kehilangan ponsel. Di samping itu, cadangan cloud yang bisa dienkripsi dari ujung ke ujung mencakup log obrolan, panggilan video, pesan suara, pesan berbasis teks, dan pesan berbasis media.

Pengguna diberi opsi untuk mengamankan cadangan terenkripsi mereka dengan kunci enkripsi 64 digit atau lewat kata sandi. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu mengunduh versi terbaru WhatsApp di Android maupun iOS. Kemudian, ketuk hat > Chat Backup > End-to-end Encrypted Backup.

Langkah selanjutnya, pengguna akan diminta untuk membuat kata sandi atau kunci terenkripsi. Setelah itu proses pencadangan akan dimulai. Bagi pengguna yang belum melihat opsi ini, perlu bersabar karena WhatsApp meluncurkannya secara bertahap.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia