Apple luncurkan MacBook Pro, apa saja yang baru?

Apple MacBook Pro baru hadir dengan banyak peningkatan, di antaranya chip baru Apple, layar dengan notch, dan port yang lebih banyak.

Apple resmi meluncurkan MacBook Pro baru dalam acara Unleashed dini hari tadi(19/10). Laptop ini hadir dalam beberapa peningkatan, termasuk penggunaan dua chip baru Apple, yaitu M1 Pro dan M1 Max dengan performa yang lebih tinggi.

Chip baru Apple

Dikutip dari Mashable, M1 Pro memiliki 6 atau 8 core yang berkinerja tinggi dan 2 core efisien, memberikan kinerja 70% lebih baik dibanding chip M1 yang diluncurkan tahun lalu. Chip ini dipadukan dengan GPU 14-core atau 16-core yang diklaim memberikan kinerja grafis 2x lipat lebih baik dibanding pendahulunya, M1 Pro hadir dengan RAM maksimum 32GB.

Berkat chip M1 Pro, MacBook Pro ini diklaim jauh lebih fleksibel dalam hal menghubungkan ke layar tambahan. Pengguna dapat menghubungkan dua layar XDR tambahan. Dan dengan chip M1 Max, pengguna dapat menghubungkan hingga tiga layar XDR dan TV 4K tambahan

Selain itu, M1 Max disebut beperforma lebih tinggi lagi dari M1 Pro dan M1 tahun lalu. Chip ini memiliki bandwidth memori lebih banyak dan GPU 32-core. Ini memberikan kinerja grafis 4x lebih baik daripada M1 dan mendukung memori RAM maksimum 64GB.

Layar yang ditingkatkan

MacBook Pro baru tidak hanya diperbarui bagian dalamnya. Perangkat ini juga datang dengan ukuran baru, yakni 14,2 inci dan 16,2 inci. Keyboard-nya juga baru dengan menghadirkan tombol fungsi fisik, alih-alih Touch Bar.

Model 16,2 inci mempunyai resolusi 3.456 x 2.234 piksel, dengan total 7,7 juta piksel, sedangkan model 14,2 inci memiliki resolusi 3.024 x 1.964 piksel dengan total 5,9 juta piksel. Kedua layar mengusung teknologi mini LED dan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz.

Tepat seperti yang dirumorkan, laptop baru dari Apple ini memiliki notch di bagian atas seperti iPhone, yang akan menampung kamera yang mendukung FaceTime 1080p. Hadirnya notch juga sejalan dengan bezel yang menyusut menjadi hanya 3,5 mm.

Port lebih banyak

MacBook Pro baru memiliki banyak port, antara lain HDMI, Thunderbolt 4, dan pembaca kartu SD. Di sisi lain, ada jack headphone, dua port Thunderbolt lagi, dan konektor MagSafe yang sebelumnya sempat absen.

Kapasitas baterai

Apple mengklaim model yang lebih ringan dapat bertahan hingga 17 jam untuk memutar video dan menjelajah browser hingga 11 jam. Sementaramodel yang lebih besar dapat melakukan pemutaran video hingga 21 jam dan menjelajah web hingga 14 jam.

Harga dan ketersediaan

MacBook Pro 14 inci versi M1 Pro dibanderol mulai dari USD1.999, namun harganya naik menjadi USD2.899 ketika dikonfigurasikan dengan chip M1 Max dan RAM 32GB. Sedangkan, MacBook Pro 16 inci dijual mulai dari USD2.499 dengan chip M1 Pro, dan USD3.499 dengan chip M1 Max.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia