Tiongkok bakal kalahkan Korea Selatan di pasar OLED dan LCD

Pada tahun 2017 lalu, pabrikan-pabrikan panel LCD asal Tiongkok telah menyusul produsen LCD asal Korea Selatan.

Tiongkok bersiap untuk menyalip Korea Selatan dalam pasar panel layar OLED dan LCD. Pabrikan layar asal Tiongkok BOE memperluas kemitraannya dengan Apple, yang juga akan meningkatkan kehadirannya di pasar OLED dan LCD.

BOE telah mulai pengiriman panel OLED 6,1 inci untuk seri ponsel Apple iPhone 13 pada bulan lalu, sebagaimana dilaporkan oleh Business Korea. Pengiriman ini diperkirakan akan terus meningkat setelah beberapa pengujian di Apple.

Dilansir dari Gizmochina (19/10), sebelumnya BOE hanya memasok panel layar model iPhone yang diperbarui (refurbished). Namun sekarang, pabrikan layar berbasis di Tiongkok tersebut bertanggung jawab atas hingga 40% produk Apple yang menggunakan panel OLED.

Di sisi lain, pangsa Samsung Electronics dalam rantai pasokan untuk OLED telah turun dari waktu ke waktu. Pada tahun 2017 lalu, pabrikan-pabrikan panel LCD asal Tiongkok telah menyusul produsen LCD asal Korea Selatan. Ini tampaknya juga tercermin di pasar panel OLED, dengan BOE memimpin pabrikan Tiongkok. Sampai sekarang, LG Display dan Samsung Display adalah dua produsen panel layar OLED terbesar di pasar Global.

Meski demikian, pertumbuhan kedua perusahaan Korea Selatan itu lebih lambat daripada pesaing asal Tiongkok. Sementara Samsung dan LG menunjukkan pertumbuhan tahunan rata-rata masing-masing 12% dan 19%, perusahaan seperti BOE dan CSOT masing-masing mengalami tingkat pertumbuhan 25% dan 52% per tahun. Dengan kata lain, mereka diharapkan untuk segera mengejar perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan, dan bahkan mungkin menyusul mereka.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia