Review Colorful CN600 1GB, kencang namun terjangkau

Dihargai Rp2 juta-an saja, Colorful menawarkan SSD kencang berkapasitas 1TB yang cocok untuk para gamer dan content creator.

Colorful kembali memperkenalkan jajaran SSD baru mereka beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, mereka tak jarang menawarkan SSD terjangkau untuk para gamer, namun tetap memiliki performa yang cukup baik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sebuah SSD terbaru dari mereka, yakni Colorful CN600 series. Kami berkesempatan untuk mencicipi varian 1TB, yang merupakan kapasitas tertinggi yang ada di seri ini.

Mereka menggunakan PCB berwarna hitam untuk jajaran SSD CN600 series ini. Yang paling menarik adalah meski terjangkau, mereka masih memberikan heat spreader yang menutupi semua chip yang ada di SSD ini.

Di balik heat spreader tersebut, terdapat sebuah 3D NAND 2263XT dan penggunaan chipset TLC flash dengan dukungan NVMe. Meski demikian, mereka masih menggunakan PCIe Gen 3 x4.

Colorful mengklaim bahwa SSD ini memiliki kecepatan baca maksimum 2000MB/s dan kecepatan tulis maksimal 1500MB/s. Tentu saja, klaim ini merupakan kecepatan maksimum rata-rata SSD NVMe PCIe gen 3.

Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan dua platform, yakni menggunakan PC dan laptop. Untuk PC, kami menggunakan motherboard ASUS X470 ROG Crosshair VII Hero (WiFi) dengan prosesor AMD Ryzen 9 3900, RAM G.Skill Trident Z DDR4 32GB (3800).

Sedangkan untuk laptop kami menggunakan ASUS VivoBook S14 dengan prosesor AMD Ryzen 7 4700U dengan RAM 8GB. Dan berikut ini adalah hasil pengujian kami :

Dalam pengujian yang kami lakukan, memang ada sedikit perbedaan antara pengujian di PC dan di laptop. Hal ini dikarenakan prosesor dan chipset yang ada di keduanya memiliki perbedaan, sehingga akan muncul beberapa variasi performa.

Meski demikian, perbedaannya sangat tipis. Dan jika dibandingkan dengan beberapa SSD NVMe lain, performanya tidak terlalu jauh, bahkan bisa dibilang selisihnya pun tidak akan memberikan pengaruh performa yang sangat besar saat penggunaan.

Hal ini membuat Colorful SN600 ini bukan hanya cocok untuk gamer, juga melainkan juga untuk para content creator. Sebab, performa yang ditawarkan oleh SSD ini bisa dibilang yang terbaik di kategori ini.

Begitu juga bagi kalian yang ingin memiliki kapasitas SSD yang lebih besar di laptop kalian, SSD ini bisa menjadi pilihan yang cukup baik. Selain itu, meski lebih rendah dari SSD NVMe yang menggunakan PCIe gen 4, namun PCIe gen 3 memiliki keunggulan dari sisi konsumsi daya sehingga masa pakai laptop akan lebih baik.

Soal harga, kalian dapat membeli SSD ini dengan harga yang sangat terjangkau. Kalian hanya harus merogoh kocek sebesar Rp2 juta-an. So, bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk membeli SSD yang satu ini?

  • Belum menggunakan PCIe gen 4

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia