DJI luncurkan kamera Ronin 4D dengan gimbal dan Lidar

Gimbalnya sendiri adalah salah satu yang pertama menawarkan stabilisasi sumbu Z. Tujuannya adalah untuk mengurangi guncangan vertikal.

DJI baru saja mengumumkan Ronin 4D. Ini merupakan sistem kamera sinema dengan integrasi gimbal 4 arah, resolusi 8K, serta sensor Lidar yang menjanjikan pemfokusan yang lebih tajam, lebih cepat, dan lebih andal. Ronin 4D ditujukan untuk para profesional, sehingga menunjukkan kehebatan teknologi DJI baik dari sisi gimbal maupun teknologi kamera.

Kamera “Zenmuse X9” dirancang untuk Ronin 4D, ini adalah model full-frame yang dapat berganti lensa menggunakan lensa DJI DL atau Leica M (bersama dengan lensa mirrorless lainnya melalui adaptor) dan dilengkapi dengan tidak kurang dari 9 filter ND untuk mengontrol exposure.

Dilansir dari Engadget (21/10), ini tersedia dalam model 6K yang dapat menangani video 6K pada 60 fps dan 4K pada 120 fps, atau versi 8K 75 fps. Produk tersebut dapat merekam file dalam RAW, ProRes, dan H.264, memungkinkan fleksibilitas maksimum dalam produksi.DJI mengklaim Ronin 4D memiliki performa bagus dalam cahaya rendah berkat ISO 800/5000 dual-native.

Gimbalnya sendiri adalah salah satu yang pertama menawarkan stabilisasi sumbu Z. Tujuannya adalah untuk mengurangi guncangan vertikal saat operator kamera berjalan atau berlari. Ukuran Ronin 4D relatif kecil dengan bobot 4,67 kg, belum termasuk lensa dan kartu penyimpanan.

Sistem pemfokusan Lidar menawarkan diklaim menawarkan 43.200 titik jangkauan yang mencapai sejauh 10 meter sehingga menemukan subjek dengan cepat dan akurat, bahkan di lingkungan cahaya redup. DJI juga menyatakan bahwa sistem fokus Lidar dapat mengukur ke subjek tanpa bergantung pada tekstur permukaan atau mencari tepi.

Sistem ini mendukung fokus otomatis penuh, fokus manual, dan “Automated manual Focus” (AMF) yang memungkinkan operator kamera untuk “menarik fokus dengan presisi ekstrem.” Tujuan umum dengan AMF adalah bahwa fokus otomatis menangani sebagian besar tugas AF, tetapi memungkinkan pengoperasian untuk campur tangan secara manual di titik mana pun.

Ronin 4D dengan kamera 6K dihargai dengan USD7.199 (Rp102 juta), sedangkan model 8K dijual dengan USD11.499 (Rp163 juta). Keduanya dilengkapi dengan gimbal, kametra, sensor Lidar, monitor, pegangan tangan, tas jinjing, dan baterai.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia