Microsoft dan AMD luncurkan patch bug Windows 11

Setelah membuat beberapa pengguna platform AMD melambat saat menggunakan aplikasi di Windows 11, AMD dan Microsoft luncurkan pembaruan untuk atasi bug tersebut.

Para pengguna platform AMD yang menjalankan OS Windows 11 mengeluhkan penurunan performa saat menjalankan beberapa aplikasi. Tentunya, ini menjadi masalah bagi para pengguna, terutama untuk para gamer.

Untung saja, AMD dan Microsoft bergerak cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Dan dengan pembaruan driver terbaru dari AMD (versi 3.10.08.506), pengguna akan dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Setelah diusut, ternyata bug ini terjadi karena ada masalah kode yang bersangkutan dengan UEFI CPPC2. Dalam beberapa kasus, bug ini membuat Windows 11 lebih suka menjadwalkan beberapa thread pada inti tercepat prosesor, seperti kata perwakilan AMD yang dikutip dari laman Wccftech (22/10).

Bug ini mengakibatkan melambatnya aplikasi yang sensitif terhadap kinerja thread CPU. AMD mencatat bahwa masalah ini lebih terlihat pada prosesor yang memiliki lebih dari delapan core dan Thermal Design Power (TDP) 65W atau lebih tinggi.

Di sisi lain, pihak Microsoft mengatakan bahwa mereka juga sudah mendorong pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi bug yang meningkatkan latency cache L3. Masalah ini memengaruhi aplikasi yang membutuhkan akses memori cepat, yang pada gilirannya menyebabkan CPU melambat hingga 15 persen.

Pembaruan ini akan hadir sebagai Windows 11 KB5006746 dan akan tersedia mulai hari ini dan harus dipasang melalui Windows Update. Tapi, hingga berita ini ditulis, masih belum terlihat adanya pembaruan tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia