Xiaomi Pad 5, performa profesional buat konten kekinian

Layar Xiaomi Pad 5 yang berukuran 11 inci benar-benar membantu dalam hal editing baik foto maupun video.

Puluhan tablet dapat dengan mudah ditemukan di pasar dari berbagai merk dan dengan spesifikasi yang beragam. Namun, tidak semua tablet itu mendukung produktivitas bagi para pelaku seni, untuk hobi maupun profesi.

Dengan hadirnya Xiaomi Pad 5, akan menambah opsi jajaran tablet terjangkau untuk seniman. Selama ini, beberapa dari mereka hanya mengandalkan tablet besutan perusahaan besar asal Cupertino untuk keperluan menggambar dengan harga yang cukup menguras kantong. Padahal, tablet Android yang lebih murah juga mumpuni, termasuk Xiaomi Pad 5.

Xiaomi Pad 5 hadir dengan peningkatan ukuran layar. Jauh dari pendahulunya, kini tablet memiliki layar berukuran 11 inci. Layarnya yang luas ini tentu menjadi nilai lebih bagi para desainer digital. Ini memberikan bidang gambar yang lebih luas, sehingga mereka lebih leluasa dalam mencurahkan kreativitasnya.

Tablet ini mengusung layar WQHD+. Meski bukan AMOLED, namun layar ini mampu memberikan warna yang tajam dan jernih. Ini mungkin berkat hadirnya teknologi Dolby Vision yang disematkan bersama dengan Dolby Atmos. Ketika menggambar menggunakan Xiaomi Pad 5, warnanya hidup dan memiliki kecerahan yang cukup baik.

Oh iya, tablet ini juga mendukung Smart Pen yang dijual terpisah. Layaknya tablet premium, Xiaomi menyematkan modul magnet untuk meletakkan smart pen di salah satu sisinya. Magnet ini juga sekaligus menjadi tempat untuk mengisi daya smart pen. Perusahaan mengklaim, menempelkan smart pen pada modul magnet selama 18 menit dapat mengisi daya penuh smart pen. Sedangkan mengisi daya selama 1 menit, dapat memberikan daya tahan 20 menit pemakaian.

Smart pen baru Xiaomi khusus Pad 5 ini memiliki sensitivitas tekanan 4096 level, sedangkan touch sampling rate-nya mencapai 240Hz. Layarnya yang dilaminasi hanya memberikan celah minimal antara ujung pena dan garis pada LCD. Dengan demikian, garis akan muncul tepat di bawah pena ketika sedang menggambar.

Membuat konten media sosial

Di zaman konvergensi media ini, aktif di media sosial menjadi hal yang sangat penting apalagi bagi divisi pemasaran. Untuk copywriter yang juga mencakup desainer, Xiaomi Pad 5 akan sangat membantu. Sebab, setelah mendesain poster digital atau foto, dapat langsung diunggah ke Instagram atau platform lainnya.

Seperti disebutkan di atas, layarnya benar-benar membantu dalam hal editing baik foto maupun video. Layarnya yang lega dan didukung refresh rate 120 Hz, mampu membuat preview foto maupun video tampak jelas. Sehingga lebih mudah untuk memastikan setiap detail tak terlewatkan.

Ditambah performa prosesor yang baik, menjahit video melalui tablet terasa nyaman dan lancar. Format ukuran yang dihasilkan juga tidak terlalu besar, tidak seperti mengedit di software edit video khusus PC atau laptop.

Jadi setelah konten selesai, tinggal beralih ke media sosial, masukkan caption atau deskripsi yang mungkin tersimpan di kolom chat WhatsApp atau aplikasi Notes, kemudian langsung unggah. Dalam hitungan detik, konten sudah ter-upload dan pekerjaan selesai.

Posisi paling nyaman saat menggambar di Xiaomi Pad 5

Posisi menggambar dapat memengaruhi hasil karya seorang seniman atau kreator, terlebih bagi mereka yang mengandalkan perangkat digital seperti tablet. Selain memaksimalkan fungsi smart pen, posisi ketika menggambar juga mesti dipertimbangkan agar nyaman untuk waktu yang lama.

Pengguna sebaiknya meletakkan Xiaomi Pad 5 di suatu tempat seperti meja ketika menggambar dengan tablet ini. Karena bidang lukis luas, menggambar di atas genggaman satu tangan yang melayang tidak akan terasa nyaman. Solusi lainnya jika tidak memungkinkan menemukan meja adalah memegangnya di pangkuan lengan secara horizontal seperti gambar di bawah ini.

Untuk beberapa aplikasi yang menampilkan toolbar di atas layar, posisi ini akan sangat berguna. Jadi, sambil tangan kanan melukis menggunakan smart pen, tangan kiri dapat berkontribusi memilih brush atau peralatan yang ingin dipakai melalui jemari yang bersinggah di bagian atas layar.

Secara keseluruhan, Xiaomi Pad 5 mumpuni untuk pengguna di bidang seni digital. Berkat layar luas, resolusi warna yang baik, serta hadirnya dukungan smart pen, membuat tablet ini layak dipinang bagi pelaku seni secara profesional maupun untuk sekadar hobi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia