HarmonyOS sudah terpasang di 150 juta perangkat

Angka 150 juta dari sistem operasi HarmonyOS terdiri dari berbagai perangkat ponsel, tablet, smart TV, smartwatch, dan IoT.

Direktur Eksekutif dan CEO Huawei Consumer GB, Richard Yu, belum lama ini mengungkapkan, HarmonyOS sekarang sudah berjalan di lebih dari 150 juta perangkat dan mengklaim itu adalah sistem operasi terminal pintar yang tumbuh paling cepat dalam sejarah.

Pernyataan ini diumumkan di Huawei Developer Conference 2021 sebagai bagian dari pidato utama Richard. Konferensi itu diadakan dari 22 Oktober hingga 24 Oktober dan bertujuan untuk mengeksplorasi apa yang baru dengan HarmonyOS, rumah pintar, kantor pintar, HMS Core, dan banyak lagi.

Dilansir dari Gizmochina (23/10), angka 150 juta HarmonyOS terdiri dari berbagai perangkat ponsel, tablet, smart TV, smartwatch, dan IoT. Bagaimanapun, sistem operasi tersebut dirancang dengan mempertimbangkan interaksi dan kolaborasi antar perangkat.

Richard menambahkan bahwa sistem operasi HarmonyOS akan segera mencapai 200 juta perangkat pada akhir tahun ini. Dengan demikian, semakin membuktikan pertumbuhan yang fenomenal.

Selain itu, distribusi global aplikasi software HarmonyOS mencapai 5,1 juta lebih pengembang, 170 lebih negara dan wilayah, dan distribusi kumulatif aplikasi mencapai 332,2 miliar antara Januari hingga September 2021. Sistem operasi ini telah memiliki lebih dari 4.000 produk ekologi pintar dan lebih dari 1.800 mitra ekologis.

Huawei juga telah bekerja sama dengan lebih dari 17 universitas resmi dan lebih dari 436 guru universitas untuk membantu meraih bakat untuk pengembangan HarmonyOS.

HarmonyOS diketahui didasarkan pada LiteOS untuk perangkat IoT, sementara itu OS ini berbasiskan pada kernel Linux untuk ponsel dan tablet, serta telah menggunakan kode Android open-source untuk mendukung menjalankan aplikasi Android. HarmonyOS pertama kali muncul dengan smart TV Honor pada Agustus 2019 dan kemudian diadopsi oleh ponsel, tablet, dan smartwatch Huawei pada Juni 2021.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia