Masker renang Oxama punya fitur bicara dengan penyelam

Perangkat tersebut menggabungkan sensor yang melacak variabel seperti kedalaman, suhu air, waktu menyelam, kecepatan naik/turun, dan akselerasi.

Menyelam jauh di bawah air sambil menahan napas bisa berisiko, itulah sebabnya banyak penyelam memakai komputer selam di pergelangan tangan mereka. Perangkat Oxama yang dikenakan di wajah diklaim menawarkan beberapa keunggulan, termasuk berbicara kepada pemakainya.

Diproduksi oleh perusahaan startup yang berbasis di Milan dengan nama yang sama, Oxama memiliki desain masker silikon lembut yang diikatkan ke wajah pengguna melalui dua tali elastis. Kacamata renang bisa dikenakan di bawahnya, atau masker selam bisa dikenakan di atasnya. Di dalam perangkat terdapat dua modul elektronik yang dapat dilepas, terletak di masing-masing pipi pemakainya.

Salah satu unit tersebut menggabungkan sensor yang melacak variabel seperti kedalaman, suhu air, waktu menyelam, kecepatan naik/turun, dan akselerasi – semua ini juga dilacak oleh sebagian besar komputer freediving yang dikenakan di pergelangan tangan. Meskipun demikian, Oxama juga mengukur detak jantung dan tingkat oksigen darah penggunanya. Ada pula pengukuran sudut kemiringan kepala, ini berguna untuk para penyelam yang bergerak lurus ke bawah.

Dilansir dari New Atlas (25/10), semua data ini disampaikan kepada pemakainya melalui modul lain, yang menggabungkan transduser konduksi tulang. Unit ini memancarkan audio suara sintetis dalam bentuk getaran yang merambat melalui tulang pipi dan masuk ke telinga bagian dalam, di mana getaran tersebut terdengar sebagai suara. Dengan demikian, pengguna tidak perlu terus-menerus mengangkat komputer yang ada di pergelangan tangan untuk membaca informasi di layar.

Memanfaatkan aplikasi iOS / Android, modul audio Oxama dapat diatur ke salah satu dari 4 mode – Quiet, yang merekam semua data tetapi hanya berbicara di awal dan akhir penyelaman; Alert, di mana perangkat berbicara dengan pengguna jika ambang batas tertentu yang telah ditentukan terlampaui; Chatty, di mana peringatan dan parameter lain yang telah dipilih sebelumnya diucapkan setiap 15 detik sekali; dan Mute, yang merekam data tetapi tidak mengatakan apa-apa.

Seperti halnya dengan komputer selam lainnya, semua data tersimpan untuk dimasukkan ke dalam log selam pengguna. Harga untuk Oxama adalah 999 euro (Rp16,5 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia