Menebak harga Intel Alder Lake, seberapa mahal?

Kira-kira berapakah harga yang akan dipatok oleh Intel saat mereka secara resmi memperkenalkan Intel Alder Lake 4 November mendatang?

Intel dalam waktu dekat ini akan memperkenalkan jajaran CPU terbaru mereka yang hadir dalam keluarga Alder Lake. Ini merupakan prosesor generasi ke-12 yang hadir dalam keluarga CPU modern.

Berbagai bocoran terkait dengan CPU ini sudah mulai bermunculan. Namun, hanya satu bocoran yang hingga saat ini belum terdengar sama sekali, yakni mengenai harga dari CPU tersebut.

Jika melihat dua tahun belakangan ini, Intel selalu menaikkan harga sedikit demi sedikit untuk CPU premium mereka. Misalnya, saat Intel Core i9-10900K meluncur, mereka memberikan harga sebesar USD488 atau sekitar Rp6,9 juta saat peluncuran.

Sementara itu, CPU penerus dari Core i9-10900K, yakni Core i9-11900K, memiliki harga yang lebih tinggi. Mereka menawarkan CPU tersebut seharga USD539 atau sekitar Rp7,6 juta saat pertama kali diluncurkan.

Jika melihat harga tersebut, maka kenaikan harga CPU Intel dari satu generasi ke generasi lainnya ada di kisaran 10%. Jika melihat pola ini, seharusnya CPU Intel generasi ke-12 akan memiliki harga dikisaran USD599 atau sekitar Rp8,5 juta.

Tapi, mengingat Intel menggunakan teknologi baru, nampaknya formulasi tersebut kemungkinan besar tidak akan berlaku. Dan dikarenakan kelangkaan chipset yang ada saat ini, kemungkinan juga akan mempengaruhi harga dari CPU baru Intel.

Secara mengejutkan, The Verge (25/10) melaporkan bocoran mengenai harga dari salah satu CPU Alder Lake, yakni Core i9-12900K, telah mencuat. Harga ini bocor dari salah satu retailer komputer besar Amerika, yakni Micro Center.

Mereka mengungkapkan Intel Core i9-12900K akan memiliki harga USD669,99 atau sekitar Rp9,5 juta. Seperti diketahui, CPU ini akan diluncurkan pada 4 November mendatang.

Intel akan menggunakan dua inti dalam prosesor di jajaran Alder Lake. Satu chipset akan menjadi inti bertenaga dan satu inti lain akan menjadi inti irit daya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia