Arcfox Alpha S berbasis HarmonyOS akan mulai dikirim

Arcfox Alpha S adalah contoh yang bagus dari Huawei yang bermitra dengan pabrikan otomotif untuk mobil canggih dengan fitur kemudi otonom.

Awal tahun ini, ada sebuah laporan yang mengatakan bahwa Huawei meluncurkan Arcfox Alpha S, yang merupakan kendaraan listrik baru yang dikembangkan bersama BAIC dan menampilkan HarmonyOS. Sekarang, perusahaan itu secara resmi telah mengumumkan akan memulai produksi dan pengiriman untuk sejumlah kecil unit Arcfox Alpha S pada kuartal keempat tahun ini.

Meski Huawei pernah menyatakan di masa lalu mereka tidak berencana untuk membuat mobil, perusahaan ini telah secara aktif bekerja dengan pabrikan mobil lain untuk meluncurkan sistem mobilnya sendiri untuk hardware dan software. Arcfox Alpha S adalah contoh yang bagus dari Huawei yang bermitra dengan pabrikan otomotif untuk mobil canggih dengan fitur kemudi otonom. Sebagai informasi, Alpha S adalah hasil investasi senilai lebih dari 1 miliar dolar (Rp14,1 triliun) untuk penelitian berbasis kemudi otonom.

Dilansir dari Gizmochina (26/10), meskipun Arcfox dikenal di bawah pabrikan BAIC, fitur utama mobil listrik baru ini adalah sistem “HI” Huawei. Sistem ini merupakan kependekan dari Huawei Inside dan menawarkan kemampuan otonom Level 4, yang berarti mobil ini mampu melakukan otonomi penuh. Mobil ini dihargai antara 388.900 yuan dan 429.900 yuan (Rp862,5 juta hingga Rp953,5 juta), menjalankan HarmonyOS, dan aplikasi terkait yang ditenagai oleh prosesor Huawei HiSilicon Kirin.

Hal tersebut memungkinkannya untuk menawarkan mengemudi otomatis, pengisian cepat, dan bahkan komputasi cloud. Meski diklaim menghadirkan sistem otonom Level 4, mobil Alpha S harus selalu didampingi oleh supir yang siap mengambil alih setir. Namun Huawei memang memamerkan fungsi L4, dengan Arcfox menempuh jarak 1.000 km di kota Tiongkok yang sibuk tanpa campur tangan manusia. Mobil ini berhasil mencapainya melalui serangkaian sensor, termasuk Lidar, 6 radar gelombang milimeter, 13 radar ultrasonik, dan 12 kamera bersama dengan chipset Huawei untuk sistem kemudi otonom.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia