Seagate siap luncurkan HDD berukuran 20TB

Dalam sebuah pernyataan terbaru, Seagate menyatakan siap untuk meluncurkan HDD 20TB mereka untuk industri dan pengguna rumahan.

Seagate tampaknya semakin dekat untuk memproduksi jajaran HDD pertama mereka dengan kapasitas 20TB. Ini merupakan sebuah terobosan yang sangat besar terutama untuk sektor industri, pusat data, bahkan pengguna rumahan.

HDD dengan kapasitas besar ini akan menggunakan beberapa teknologi terbaru dari Seagate. Salah satunya adalah telmologi perpendicular magnetic recording (PMR) dengan kepala aktuator two-dimensional magnetic recording (TDMR).

Kedua teknologi ini disebut lebih masuk akal jika dibandingkan dengan HDD purwarupa 20TB yang saat ini mereka miliki. Sebab, HDD purwarupa ini menggunakan heat-assisted magnetic recording technology yang hanya akan dapat digunakan beberapa pengguna terbatas saja.

Hal yang cukup menarik adalah pernyataan dari Seagate yang menyebut mereka akan siap untuk melakukan produksi massal HDD 20TB ini dalam waktu dekat ini. Jadi, kemungkinan HDD ini akan hadir dalam jangka waktu yang tak lama lagi.

“Kami mulai meningkatkan produk 20TB pada kuartal September ini, dan saya senang dengan minat pelanggan yang kuat,” kata David Mosley, kepala eksekutif Seagate seperti dikutip dari laman Tom’s Hardware (26/10).

Bukan hanya untuk dipakai di industri saja, melainkan Seagate mengatakan HDD berkapasitas besar ini juga cocok untuk penggunaan NAS rumahan. Mereka mencontohkan, dengan NAS rumahan yang memiliki empat bay akan dapat memiliki total 60TB dalam RAID5.

Namun sayang, hingga saat ini Seagate masih belum memberikan informasi terkait waktu penjualan HDD ini secara pasti. Belum diketahui juga berapa harga yang akan ditawarkan mereka untuk HDD berkapasitas 20TB ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia