Sony rilis Xperia Pro-I dengan sensor 1 inci PDAF

Sony mentenagai Xperia Pro-I dengan prosesor Snapdragon 888. Ada pula dukungan touch sampling 240 Hz dan sistem pendinginan untuk bermain gim.

Sony telah meluncurkan Xperia Pro-I, yang diklaim sebagai ponsel pertama di dunia yang menampilkan sensor 1 inci yang dilengkapi sistem phase-detection autofocus (PDAF). Ini diposisikan tidak hanya sebagai ponsel, tetapi sebagai anggota keluarga kamera seri Alpha.

Xperia Pro-I menggabungkan sensor 1 inci Sony yang ditemukan di seri kamera RX100 kelas atas dengan pemrosesan canggih dan AF yang ditemukan di jajaran kamera tersebut, bersamaan dengan lensa Zeiss Tessar 24mm. Semua fitur ini disematkan ke dalam ponsel yang hanya setebal 8,9 mm.

Dilansir dari Petapixel (26/10), ponsel tersebut dikembangkan dengan teknologi pencitraan yang sama seperti di lini Alpha. Oleh karena itu, ada klaim bahwa perangkat ini adalah kamera dan juga ponsel. Meskipun ada ponsel lain yang tersedia dengan memanfaatkan sensor 1 inci, Sony adalah yang pertama membawa ukuran itu ke ponsel dengan PDAF penuh.

Sony mentenagai Xperia Pro-I dengan prosesor Snapdragon 888. Ada pula dukungan touch sampling 240 Hz dan sistem pendinginan untuk bermain gim. Kapasitas RAM yang dimilikinya adalah 12 GB dengan penyimpanan 512 GB, tidak ketinggalan pula penyimpanan eksternal SDXC hingga 1 TB.

Ponsel ini juga masih menawarkan jack headphone 3,5 mm dan menggunakan baterai 4.500 mAh yang dapat diisi dengan cepat hingga 50% dalam 30 menit. Terdapat charger 30W dalam paket penjualannya. Bodinya memiliki sertifikasi IP65/68 untuk ketahanan debu dan air. Layar perangkat ini mengusung teknologi OLED berukuran 6,5 inci.

Pro-I menggunakan sensor Exmor RS tipe 1.0 dengan ukuran piksel 1,4 mikrometer yang menurut Sony akan menghasilkan performa cahaya rendah yang menakjubkan. Ini juga mendukung pemotretan RAW 12 bit dan sistem iris aperture ganda (f/2.0 dan f/4.0) yang memungkinkan pengguna menyesuaikan kedalaman bidang secara fisik ketimbang mengandalkan software.

Kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP. Terdapat pula kamera telefoto zoom optik 2x OIS beresolusi 12 MP, dan kamera ultra lebar beresolusi 12 MP. Kamera depth sensor yang dimiliki oleh Xperia Pro-I adalah 0,3 MP yang berguna untuk TOF 3D. Sedangkan kamera depannya mengusung sensor beresolusi 8 MP.

Xperia Pro-I menyertakan tombol shutter khusus yang dilengkapi modul saklar shutter seperti kamera Sony seri RX100. Pengguna juga dapat menekan lama tombol shutter untuk meluncurkan Photography Pro dengan cepat dan segera mulai memotret, bahkan saat layar mati. Harga untuk Sony Xperia Pro-I adalah USD1.800 (Rp25,5 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia