Apple akan tambah fitur deteksi tabrakan mobil di iPhone

Apple telah mendeteksi lebih dari 10 juta dugaan dampak kendaraan, dengan lebih dari 50.000 di antaranya disertai dengan panggilan ke 911.

iPhone kemungkinan akan memiliki kemampuan baru di tahun depan. Kemampuan ini adalah mendeteksi kecelakaan mobil dan secara otomatis menghubungi 911 (nomor darurat). Apple berencana untuk mengungkap fitur yang disebut ‘Crash Detection untuk iPhone dan Watch. Fitur ini seharusnya menggunakan sensor seperti akselerometer yang terpasang di perangkat tersebut.

Apple dilaporkan telah mengerjakan fitur itu selama beberapa tahun dan mengujinya menggunakan data dunia nyata. Perusahaan ini telah mengumpulkan data yang dibagikan secara anonim dari pengguna iPhone dan Watch. Ini telah mendeteksi lebih dari 10 juta dugaan dampak kendaraan, dengan lebih dari 50.000 di antaranya disertai dengan panggilan ke 911.

Dilansir dari Gizmochina (2/11), Apple telah menggunakan data itu untuk meningkatkan akurasi algoritma Crash Detection, karena panggilan darurat 911 adalah konfirmasi yang cukup solid dari kecelakaan yang serius.

Apple bukanlah perusahaan pertama yang menghadirkan fitur seperti itu. Google memperkenalkan fitur serupa untuk Pixel 3 dan Pixel 4 melalui aplikasi Personal Safety-nya yang dapat mendeteksi saat pengguna mengalami kecelakaan mobil dan memperingatkan layanan darurat. GM telah menawarkannya selama bertahun-tahun di mobilnya dengan OnStar, dan baru-baru ini memperkenalkan deteksi tabrakan ke ponsel melalui aplikasi OnStar Guardian. Layanan di dalam kendaraan OnStar dilaporkan menanggapi lebih dari 6.000 pemberitahuan kerusakan dalam sebulan.

Apple memperkenalkan deteksi jatuh ke Apple Watch 4 Series, dan secara otomatis dapat memanggil layanan darurat dan menghubungi orang terdekat jika pengguna tidak menanggapi perintah dalam jangka waktu tertentu. Fitur deteksi tabrakan seharusnya hadir di iPhone dan Apple Watch pada tahun 2022.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia