MacBook Pro 2021 ternyata pakai Wi-Fi jadul

Ternyata, Apple menggunakan modem Wi-Fi 802.11ac untuk jajaran MacBook Pro 2021, serta tidak mendukung Wi-Fi 6.

Apple baru saja mengumumkan jajaran MacBook Pro generasi terbaru. Dan seperti perangkat lain milik perusahaan, harga dari MacBook pro terbilang sangat mahal jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Meski demikian, Apple memang menawarkan prosesor dengan performa tinggi di laptop milik mereka tersebut. Tapi tampaknya, ada beberapa teknologi di MacBook Pro generasi terbaru yang kalah dengan generasi sebelumnya.

Salah satunya adalah kemampuan Wi-Fi yang lebih lemah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini terungkap dalam sebuah product page di situs Apple, dimana mencantumkan spesifikasi lengkap dari produk yang satu ini.

Ubergizmo (2/11) melaporkan MacBook Pro baru menggunakan 802.11ac (Wi-Fi 5). Sedangkan di sisi lain, MacBook Pro yang menggunakan prosesor Intel yang diluncurkan antara 2017-2019, menggunakan 802.11 axe.

Tak ketinggalan, MacBook Pro hanya menggunakan menggunakan 2/MIMO antena. Sementara itu, MacBook Pro generasi sebelumnya menggunakan tiga antena sekaligus. Hal ini mungkin akan memberikan masalah bagi sebagian pengguna, terlebih jika mereka berada di lingkungan yang padat pengguna.

Di sisi lain, penggunaan modul Wi-Fi ini pun akan memberikan pengguna kecepatan internet yang lebih rendah. Sebab, modul Wi-Fi 802.11ac memiliki kecepatan yang lebih rendah sekitar 100Mbps dibandingkan dengan 802.11axe.

Hilangnya dukungan Wi-Fi 6 juga akan menimbulkan masalah bagi pengguna, terutama jika mereka sudah menghabiskan uang cukup banyak untuk membeli router Wi-Fi 6. Mereka tidak akan mendapatkan benefit dari router tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia