Sega gandeng Microsoft untuk gim berbasis cloud

Dengan menggunakan platform cloud Azure milik Microsoft, Sega ingin ciptakan gim dengan skala besar.

Sega merupakan salah satu perusahaan gim terbesar di dunia. Namun, belakangan ini taji mereka di industri gim mulai tertutupi oleh pengembang gim baru, terutama di industri gim komputer.

Namun, mereka tampaknya memiliki sebuah rencana untuk menggandeng sebuah perusahaan besar untuk memproduksi gim berskala besar. Dan perusahaan yang mereka percayai untuk melakukan hal tersebut adalah Microsoft.

Hal ini mereka ungkapkan beberapa waktu lalu. Sega dan Microsoft pun menyebut proyek ini sebagai “Super Game”, dan akan menggunakan platform cloud Azure untuk melakukan pengembangan proyek tersebut.

Sebenarnya, rencana ini sudah mereka umumkan pada Mei lalu selama acara investor. Pada saat itu, mereka mengatakan bahwa hasil proyek skala besar ini akan tersedia sekitar tahun fiskal 2026.

Perusahaan gim asal Jepang itu mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan bagian integral dari strategi jangka menengah hingga panjang mereka, dan akan menciptakan gim dengan komponen online global.

“Aliansi yang diusulkan ini mewakili SEGA untuk menatap ke depan, dan dengan bekerja sama dengan Microsoft untuk mengantisipasi tren seperti itu saat mereka semakin cepat di masa depan, tujuannya adalah untuk mengoptimalkan proses pengembangan dan terus menghadirkan pengalaman berkualitas tinggi kepada pemain yang menggunakan teknologi cloud Azure,” kata Sega, seperti dikutip dari laman Engadget (2/11).

Di sisi lain, pihak Microsoft pun mengatakan bahwa mereka turut bersemangat menjalankan proyek yang satu ini.

“Kami berharap dapat bekerja sama saat mereka mengeksplorasi cara-cara baru untuk menciptakan pengalaman gaming yang unik untuk masa depan menggunakan teknologi cloud Microsoft,” kata Sarah Bond dari Microsoft tentang aliansi tersebut.

“Bersama-sama kita akan membayangkan kembali bagaimana game dibangun, di hosting, dan dioperasikan, dengan tujuan menambah nilai lebih bagi pemain dan Sega.”

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia