Harga Xiaomi 11T Rp5 jutaan, pakai Dimensity 1200-Ultra

Xiaomi 11T hadir dengan chipset terbaru dan terkuat MediaTek Dimensity 1200-Ultra, yang hadir dengan teknologi fabrikasi 6nm.

Xiaomi resmi luncurkan Xiaomi 11T sebagai smartphone flagship terakhir bagi perusahaan di tahun 2021. Smartphone ini menambah jajaran seri T dari Xiaomi yang sebelumnya menghadirkan dihadirkan melalui Mi 10T dengan kamera flagship 108MP. Penerusnya kali ini, akan hadir dengan performa flagship andalan berkat SoC Dimensity 1200 yang diusungnya.

“Apa gunanya memiliki fitur unggulan, kamera, layar, dan desain, tanpa performa kuat yang menjalankan seluruh teknologi ini? Xiaomi 11T punya hal itu! Untuk menjalankan semua ini, kami perlu yang terbaik dari yang pernah ada. Dengan chipset terdepan, kami bisa menjalankan teknologi mutakhir ini. Xiaomi 11T hadir dengan chipset terbaru dan terkuat dari MediaTek Dimensity 1200-Ultra,” kata Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia dalam peluncuran seri Xiaomi 11T (4/11).

Prosesor ini hadir dengan teknologi fabrikasi 6nm dan ultra core 3.0 GHz. Ini juga dipadukan dengan Arm Cortex-A78 CPU, 3x Super Cores, 4x core efisiensi yang memberikan efisiensi baterai dan menghindari terjadinya overheating pada perangkat. Selain itu, prosesor juga menghadirkan Ultra Graphics Performance serta Unrivalled AI Experience.

Konektivitasnya sudah mendukung 5G, dengan teknologi True Dual 5G dari prosesor yang diklaim memiliki kecepatan unduh hingga 40% dibandingkan produk lain. Konektivitas juga dilengkapi mode Elevator yang mampu menghubungkan kembali sinyal saat memasuki lift.

Alvin mengungkapkan, Dimensity 1200-Ultra mampu memberikan performa 22% lebih cepat dan 25% lebih hemat daya meski dengan integrasi 5G, dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kapasitas baterai Xiaomi 11T sebesar 5.000 mAh. Kapasitas yang besar ini dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 67W, yang dikatakan dapat mengisi penuh dalam waktu 37 menit.

Desain dan layar

Dari segi desain, Xiaomi 11T terinspirasi dari desain ikonik vintage camcorder yang direfleksikan pada modul kamera belakang yang simetris. Selain itu, lapisan bodi memiliki finishing matte dengan kaca yang membuat tampilan terlihat mewah dan tidak mudah gores. Di tiap sisinya, ponsel mengusung desain Tapered edges dan quad-curved back yang membuatnya terasa lebih ramping saat digenggam.

Xiaomi 11T menggunakan layar flat AMOLED yang biasanya digunakan pada perangkat lipat. Layar juga datang dengan teknologi TrueColor yang dapat menangkap warna lebih banyak dan menghasilkan warna yang lebih nyata. Kecepatan refresh-nya mendukung 120Hz dengan touch sampling rate 480Hz. Sebagai tambahan durabilitas, layar smartphone dilindungi Corning Gorilla Glass Victus.

Fotografi, videografi, dan audio

Seperti pendahulunya, Xiaomi 11T masih menggunakan kamera utama 108MP yang diklaim dapat memberikan pengalaman fotografi dan videografi sinematik. Sedangkan dua lensa lainnya, yaitu ultra-wide dan telemacro. Kamera ultra-wide memiliki resolusi 8 MP yang dapat menangkap pemandangan lebih luas dengan sudut 120 derajat.

Kamera ketiga adalah telemacro 3-7 cm autofocus dengan bukaan f/2.4. Di kondisi minim cahaya, kamera Xiaomi 11T juga mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik dengan detail yang jelas berkat dukungan Night Mode.

Mengusung slogan One-click Cinematic, kemampuan videografi Xiaomi 11T dirancang dengan efek sinematik yang meminimalisasi algoritma rumit menjadi interface pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, seperti dijelaskan Alvin. Pengguna juga dapat merekam video dengan lensa telemacro atau Xiaomi sebut Macroscope, yang dapat memfilmkan detail yang sangat kecil.

Dari seluruh kemampuan fotografi dan videografi di atas, salah satu faktor pendukungnya adalah Image Signaling Processor. Ini merupakan bentuk kolaborasi antara perusahaan dengan MediaTek.

“Kami bekerja sama dengan MediaTek untuk menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa berkat teknologi baru MediaTek Imagic,” kata Alvin.

Teknologi ini memberikan rentang dinamis 40% lebih besar, pemotretan malam 20% lebih cepat, dan ISP (Image Signaling Processor) 5 core.

Audionya dilengkapi Dolby Atmos yang speaker-nya terletak di sudut atas dan bawah smartphone. Posisi speaker ini memberikan kenyamanan kepada pengguna ketika menggunakan smartphone secara landscape seperti saat bermain gim maupun menonton film.

Harga dan ketersediaan

Terakhir dan yang paling penting adalah harga. Xiaomi 11T terdiri dari tiga varian warna, yaitu Celestial Blue, Moonlight White, Meteorite Gray. Dengan prosesor Dimensity 1200-Ultra dan spesifikasi flagship lainnya, Xiaomi 11T (8GB+256GB) dibanderol Rp5.999.000. Pre-order sudah dibuka mulai 4-10 November 2021 di mi.com, Xiaomi Store, dan Shopee dengan penawaran voucher produk Xiaomi Ecosystem senilai Rp500.000, garansi 24 bulan, serta penggantian layar gratis 1x.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia