Samsung dilaporkan buat chipset khusus ponsel entri

Sejauh ini, Samsung hanya memiliki jajaran chip Exynos yang ditargetkan untuk smartphone kelas menengah dan premium.

Samsung diketahui sedang bersiap meluncurkan chipset baru untuk smartphone entry-level. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini merupakan salah satu dari sedikit produsen yang membuat chipset sendiri untuk mendukung ponselnya. Namun sejauh ini, perusahaan hanya memiliki jajaran chip Exynos yang ditargetkan untuk smartphone kelas menengah dan premium.

Dilansir dari Gizmochina (4/11), seorang leaker Ice Universe belum lama ini mengungkapkan Samsung sedang mengerjakan chipset Exynos 1280 baru yang akan diproduksi menggunakan proses 5nm.

Laporan menambahkan, spesifikasi chipset akan lebih rendah dari Exynos 1080, yang berarti chip baru ini ditujukan untuk smartphone kelas entri. Terlepas dari itu, belum banyak yang diketahui tentang chipset mendatang ini. Namun mengingat 5G kini menjadi arus utama, prosesor diharapkan hadir dengan dukungan konektivitas 5G.

Exynos 1080 adalah starting range chipset Samsung sejauh ini. Ini merupakan prosesor octa-core dengan satu inti Arm Cortex-A78 yang berjalan pada 2,8GHz, tiga inti Cortex-A78 dengan clock 2,6GHz, dan empat inti Cortex-A55. Sampai sekarang, vivo tampaknya menjadi satu-satunya smartphone yang menggunakan chip Exynos 1080.

Perusahaan berencana untuk meningkatkan penggunaan chip seri Exynos di smartphone-nya sendiri dan dengan demikian ada kemungkinan besar chipset entri akan datang dan mendukung smartphone yang diluncurkan Samsung.

Di sisi lain, Samsung juga diperkirakan akan meluncurkan chipset lain yang kemungkinan adalah Exynos 2200 dengan GPU AMD. Chipset ini akan menjadi penawaran unggulan dari merek tersebut dan akan mendukung smartphone seri Galaxy S22 mendatang di beberapa wilayah.

Samsung, seperti diketahui telah mengalihkan fokusnya ke bisnis chipset karena tidak ingin terlalu bergantung pada perusahaan lain. Perusahaan juga memainkan peran besar dalam pengembangan chip khusus pertama Google untuk seri Pixel 6, Tensor.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia