A16 Bionic akan pakai teknologi fabrikasi 4nm

Baru-baru ini dikabarkan TSMC akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm untuk memproduksi A16 Bionic milik Apple.

Beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa TSMC kesulitan untuk mengembangkan teknologi fabrikasi 3nm. Hal ini membuat Apple terlambat untuk memperkenalkan SoC terbaru, yakni A16 Bionic tahun depan.

Beberapa pengamat bahkan mengatakan jika TSMC tidak bisa menemukan cara merampungkan teknologi fabrikasi 3nm, Apple akan tertinggal di teknologi fabrikasi 5nm selama 3 tahun kedepan.

Tapi, tampaknya TSMC menemukan solusi untuk mengakali hal tersebut. Dalam beberapa informasi dikatakan mereka akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm untuk SoC baru Apple itu, seperti lapor Wccftech (4/11).

Seperti diketahui, Apple ingin membuat SoC generasi terbaru menggunakan teknologi fabrikasi baru untuk mencapai beberapa hal. Yang pertama adalah peningkatan performa dan juga memperbaiki masa pakai baterai.

Biasanya, mereka melakukan penyegaran teknologi fabrikasi setiap 2 tahun sekali. Seperti diketahui, Apple telah menggunakan teknologi fabrikasi 5nm untuk A14 Bionic yang ada di iPhone 12 series serta A15 Bionic yang hadir di iPhone 13 series.

Sayang, hingga berita ini ditulis, belum ada informasi resmi baik dari pihak TSMC maupun Apple terkait rumor tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia