AMD kembali pecahkan tonggak sejarah

Sebuah analis bernama Mercury Research melaporkan AMD berhasil mencatatkan tonggak sejarah baru dalam industri CPU x86.

Sebuah perusahaan analis, Mercury Research melaporkan AMD saat ini sedang berada di atas angin, dengan kembali memecahkan tonggak sejarah baru dalam pangsa pasar CPU x86.

Dalam laporan tersebut, AMD disebut telah mencapai pangsa pasar tertinggi ke-2 sejak Q4 2006. Tentu saja, hal ini merupakan pencapaian yang sangat besar bagi mereka setelah Intel mendominasi pangsa pasar industri.

Mercury Research mengatakan, AMD telah bekerja sangat keras untuk mencapai titik di mana mereka berada sekarang. Dan semua kesuksesan ini dimulai pada saat mereka memperkenalkan arsitektur Zen.

AMD berhasil meluncurkan dua lini CPU, yakni Ryzen dan EPYC melalui arsitektur ini. Dan saat ini, Mercury Research melaporkan AMD telah mencapai pangsa pasar 24,6% selama kuartal terakhir, seperti lapor Wccftech (5/11).

Pangsa pasar tertinggi yang pernah dicapai AMD adalah pada Q4 2006 sebesar 25,3%. Ini berarti, mereka hanya memiliki selisih 0,7% saja dari rekor pangsa pasar x86.

Tak sampai di situ saja, penjualan prosesor di segmen notebook mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. Mereka berhasil menorehkan pangsa pasar notebook x86 sebesar 16,2%. Sementara itu, untuk Ryzen dan EPYC berada di 22%.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia