MIUI bakal adopsi fitur Edge Panel Samsung

Smart Toolbox adalah menu panel tepi yang dapat disematkan aplikasi dan fungsi tertentu untuk akses cepat.

Xiaomi adalah satu-satunya OEM Android yang merilis versi beta mingguan dari sistem operasi mobile MIUI berbasis Android. Perusahaan biasanya memperkenalkan fitur baru terlebih dahulu di saluran tersebut. Belum lama ini, Xiaomi diketahui menambahkan fitur yang disebut “Smart Toolbox.”

Smart Toolbox adalah menu panel tepi yang lebih dulu hadir di Samsung dengan sebutan Edge Panel. Fitur ini diperkenalkan untuk layar melengkung dan membantu pengguna menyematkan aplikasi dan fungsi tertentu untuk akses cepat.

Selain Samsung, OPPO adalah perusahaan smartphone lainnya yang mengadopsi fitur ini. Pembuat smartphone asal Tiongkok ini menyebutnya Smart Sidebar 2.0 di ColorOS 12. Dan terakhir, Xiaomi akhirnya memperkenalkan fitur serupa dengan sebutan Smart toolbox pada MIUI.

Xiaomi dikenal sebagai OEM yang menyalin fitur lebih cepat dari perusahaan lain. Tetapi untuk pertama kalinya, perusahaan menjadi yang terakhir yang memperkenalkan fitur yang sudah tersedia di hampir semua ponsel Android ini.

Dilansir dari Gizmochina (5/11), Smart toolbox dapat ditampilkan berdasarkan skenario penggunaan yang berbeda, seperti implementasi Smart Sidebar 2.0 OPPO. Pengguna memiliki 3 opsi, untuk mengaksesnya selama bermain gim, memutar video, atau selalu ada.

Jika memilih pilihan terakhir, pengguna dapat dengan cepat mengakses aplikasi yang disematkan. Sedangkan dengan dua opsi lainnya, toolbox yang akan menampilkan menu yang terkait dengan gim dan video, selain aplikasi yang disematkan.

Menurut laporan, fitur itu saat ini masih dalam tahap awal dan belum ada informasi kapan dirilis secara global.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia