Realme narzo 50A, smartphone entri andal buat gaming & foto

Mengusung slogan Mighty Performance Inside, realme narzo 50A menawarkan performa tangguh berkat performa MediaTek G85 yang andal.

Realme belum lama ini meluncurkan smartphone gaming andalannya dari seri narzo, yakni realme narzo 50A. Produk ini hadir sebagai smartphone gaming Rp2 jutaan yang mengusung slogan Mighty Performance Inside, karena menawarkan performa tangguh berkat kinerja prosesor MediaTek G85 yang andal.

Dengan harga yang cukup terjangkau ini, realme tentunya menargetkan anak muda yang suka mobile gaming dan melakukan sebagian besar aktivitasnya dengan smartphone.

Desain dan Layar

realme masih mempertahankan desain garis diagonal di bagian belakang pada narzo 50A. Desain ini sebelumnya juga diusung oleh pendahulunya, realme narzo 30A. Desain diagonal ini tepat berada di bawah modul rektangular, seperti seolah-olah memberikan kesan bayangan di bawah modul tersebut.

Sekilas, desain ini memang tidak biasa. Karena realme memberikan desain diagonal yang bisa dibilang “tanggung” dan memunculkan kesan ketidakseimbangan. Namun dilihat dari sudut pandang seni, ini mungkin inovasi baru dari sebuah cover belakang smartphone. Layaknya menggambarkan para pengguna, yakni anak muda yang notabene-nya berjiwa bebas dan suka mengeksplorasi suatu hal baru.

Selain itu, desain modul kamera atau yang disebut modul rektangular pada narzo 50A cukup unik. Sebab selain kamera, modul tersebut juga diisi pemindai sidik jari. Ini membuat bagian belakang menjadi rapi, dengan seluruh komponen berada di dalam modul. Pemindai diletakkan di ujung kanan modul. Secara keseluruhan bagian belakang, pemindai ini tetap berada di tengah, sehingga memudahkan proses buka kunci melalui sidik jari.

Terdapat dua varian warna pada bagian belakang narzo 50A, yaitu Oxygen Blue dan Oxygen Green. Untuk Oxygen Blue, warnanya seperti biru langit yang soft. Finishing warnanya sendiri cukup unik, karena ada kesan glossy tapi juga matte. Ini juga tidak membuat bodi belakang mudah kotor dan licin.

Beralih ke bagian depan, smartphone ini mengadopsi layar penuh mini-drop dengan bidang pandang yang lebih besar dan area poni yang diperkecil. Rasio yang dimiliki layar sebesar 6,5 inci ini adalah 88,7%.

Sisi atas smartphone kosong tanpa lubang atau tombol apapun. Sementara di sisi bawah, terdapat lubang speaker, mikrofon, pengisi daya USB tipe-C, serta jack headphone. Di sisi sebelah kiri, terdapat slot sim card dan sisi sebelah kanan terdapat tombol daya serta volume.

realme narzo 50A begitu compact ketika digenggam, meskipun cukup tebal dengan dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm. Tekstur belakangnya juga tidak licin di genggaman. Peletakkan pemindai sidik jari di bagian tengah belakang mungkin cocok bagi pengguna yang suka meletakkan jari telunjuknya di bagian belakang smartphone.

Layar pada realme narzo 50A berukuran 6,5 inci. Layar ini cukup luas untuk penggunaan multimedia, seperti menonton film, video YouTube, dan bermain gim. Desain mini drop dengan area poni yang berkurang juga turut mengurangi gangguan visual. Pengalaman menonton video dengan mode zoom to fill memberikan kesan yang begitu lega. Meskipun bezel bawah masih tampak tebal, namun tidak mengurangi kenyamanan ketika menggunakan layar penuh.

Sebagai smartphone gaming, tentunya realme ingin memberikan pengalaman gaming yang imersif kepada pengguna. Hal ini terbukti pada bagian layar, karena area poni tidak banyak menutupi fitur dalam gim PUBG atau Mobile Legend. Layarnya yang luas juga membuat pemain memiliki bidang pandang permainan yang lebih nyaman.

Kamera

Meskipun hadir sebagai smartphone gaming, namun kemampuan kamera pada realme narzo 50A tidak kalah hebatnya. Smartphone kelas entri ini dibekali pengaturan tiga kamera AI, dengan resolusi utama 50MP. Dengan aperture besar f/1.8, lensa dapat menangkap cahaya yang cukup sehingga hasil jepretan kamera lebih jernih, cerah, dan detail lebih terlihat jelas, meski di-zoom hingga 50%. Berikut adalah hasil jepretan menggunakan kamera utama 50MP.

Selain resolusi yang tinggi, kamera juga dilengkapi mode HDR. Dari perbandingan gambar di bawah ini dapat terlihat mode HDR berfungsi dengan baik. Hasil jepretan yang diambil dengan mode HDR (kiri) memberikan warna yang lebih pekat antara awan dengan daun. Begitu juga dengan warna pada dinding dan atap rumah yang lebih terang daripada hasil jepretan tanpa mode HDR.

Dua kamera lainnya adalah lensa makro 2MP dan lensa potret B&W. Lensa makro dapat mengambil gambar dengan jarak fokus yang sangat dekat. Mengambil fokusnya pun tidak terlalu sulit dan cukup cepat. Seperti gambar bunga di bawah ini. Sebagai perbandingan, gambar di sebelah kanan adalah hasil jepretan tanpa lensa makro pada objek yang sama.

Mendapat peningkatan dari pendahulunya, kini kamera realme narzo 5A memiliki dua night filter baru, yaitu Astral dan Dazzle. Dengan Astral, pengguna akan mendapatkan warna psychedelic, memberikan pemandangan malam kota seperti di dunia fiksi.

Beralih ke bagian depan, kamera selfie memiliki resolusi 8MP yang dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan filter lainnya. Tidak hanya untuk kamera belakang, HDR juga bisa diaktifkan untuk kamera depan. Berikut hasil selfie menggunakan HDR dan tidak, serta menggunakan portrait mode.

Performa Gaming

Realme narzo 50A ditenagai prosesor gaming dari MediaTek yakni Helio G85. Prosesor octa-core ini memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz. Selain itu, narzo 50A dilengkapi dengan GPU ARM Mali-G52 GPU. Komposisi ini cukup mirip dengan pendahulunya, narzo 30A. Namun, terdapat peningkatan performa, ketika dibandingkan dari hasil benchmark kedua smartphone.

Berdasarkan hasil benchmark 3DMark dan PCMark, performa realme narzo 50A memberikan hasil yang cukup baik di kelasnya. Pada pengujian 3DMark untuk Wild Life test, smartphone memperolah angka 706 poin. Sementara untuk pengujian Sling Shot Extreme mendapatkan angka 1430 poin, jauh meningkat dari pendahulunya yang mencatatkan nilai 1398 poin. Kemudian pada tes Sling Shot menghasilkan angka 1903 poin.

Pengalaman bermain PUBG dan Mobile Legend di smartphone ini terasa nyaman tanpa gangguan yang berarti. Meskipun semakin lama dimainkan ponsel terasa semakin hangat, namun tidak ada lagging yang mengganggu gameplay. Layarnya juga cukup responsif menerima sentuhan dan area poni tidak menghalangi banyak fitur-fitur gim dalam layar.

Pengaturan grafis PUBG di realme narzo 50A untuk grafis Smooth dapat berjalan hingga frame rate Ultra. Sementara grafis tertinggi yang didukung adalah HD dengan frame rate tertinggi High. Gyroscope juga didukung pada smartphone ini.

Ditambah lagi, ada sidebar Game Space di sisi kiri layar setiap pengguna memainkan gim. Ini dapat mengatur banyak mode selama bermain gim, seperti menonaktifkan notifikasi, memblokir panggilan atau pesan masuk, membuka floating windows untuk WhatsApp, menangkap dan merekam layar selama permainan berlangsung. Tidak ketinggalan, pengguna juga dapat mengaktifkan Performance mode di mana ponsel akan mengeluarkan performa maksimal untuk bermain gim.

Untuk pemindai sidik jarinya sendiri, realme menggunakan sensor sidik jari instan yang membuat pengguna dapat dengan cepat membuka kunci smartphone. Sensor dapat dengan cepat membaca sidik jari bahkan dalam hitungan detik.

Bicara soal UI, realme narzo 50A berjalan pada realme UI 2.0. Pergerakan dari satu aplikasi ke aplikasi lain cukup lancar. Untuk penggunaan multimedia, dapat memanfaatkan fitur floating window, di mana aplikasi yang dibuka dengan fitur ini akan muncul sebagai jendela yang bisa dipindahkan ke mana saja dengan ukuran yang diinginkan, sambil membuka aplikasi lainnya di belakangnya.

Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki realme narzo 50A sebesar 6.000 mAh. Menariknya smartphone ini dilengkapi dengan pengisian cepat 18W. Realme mengklaim, daya tahannya setara dengan 8 jam waktu bermain gim secara terus menerus, 27 jam pemutaran video, dan pemutaran musik hingga 111 jam.

Selama menggunakan narzo 50A, daya tahan smartphone ini cukup memuaskan. Bagaimana tidak, menonton video di YouTube hingga 1 jam penuh hanya menguras 3% daya baterai, kuliah online melalui Zoom selama 1 jam menguras 5% daya, dan bermain gim selama 1 jam hanya menguras 11% daya baterai.

Pantas sudah smartphone ini sebagai perangkat pendukung produktivitas multimedia pengguna selama seharian penuh tanpa khawatir baterai cepat habis dan harus sering mengisi daya. Mulai dari fotografi hingga gaming. Kalaupun baterai habis dan harus mengisi daya, adapternya sudah mendukung pengisian cepat 18W.

Dalam peluncuran Neo Born Disruptor pada Rabu (3/11), Marketing Director realme Indonesia Palson Yi mengumumkan harga narzo 50A dibanderol Rp2.099.000 (4GB+64GB) dan Rp2.299.000 (4GB+128GB).

Namun selama periode flash sale 11.11 SALEbration, realme menawarkan potongan harga menjadi menjadi Rp1.989.000 (4GB+64GB) dan Rp2.199.000 (4GB+128GB) dan bisa didapatkan di realme.com, Shopee, dan akulaku.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia