Penyebab WiFi tidak bisa tersambung

Terdapat banyak faktor mengapa smartphone atau tablet tidak bisa menyambung WiFi. Mulai dari masalah dari sinyal itu sendiri atau perangkat yang digunakan.

Dari semua masalah yang kita alami dengan smartphone, tidak bisa menyambungkan ke WiFi mungkin adalah salah satu yang paling membuat frustasi. Internet seperti asupan bagi smartphone atau tablet yang harus dimiliki tidak peduli kapan atau di manapun itu.

Terdapat banyak faktor mengapa smartphone atau tablet tidak bisa menyambung WiFi. Mulai dari masalah dari sinyal itu sendiri atau perangkat yang digunakan. Bagi Sahabat Tek yang sering mengalami ini, simak artikel di bawah untuk mengetahui alasan dan solusinya.

  • Periksa kembali kredensial

Untuk tersambung ke WiFi tertentu, Anda harus memasukkan kata sandi dengan benar. Tidak hanya huruf demi huruf atau angka demi angka, tapi juga hal-hal detail seperti penggunaan caps lock. Sebab, kesalahan kecil seperti ini merupakan penyebab umum mengapa WiFi tidak mau tersambung.

Pastikan Anda mengetik setiap karakter dengan benar. Anda juga bisa mengklik ikon mata untuk melihat apakah ketikan kata sandi yang Anda masukkan sudah benar. Karena seperti kita ketahui, kata sandi selalu menyensor karakternya dengan simbol bintang-bintang.

  • Pastikan berada dalam jangkauan

Cakupan WiFi dapat bervariasi karena berbagai alasan, seperti mulai dari seberapa kuat sinyal yang dipancarkan router, hingga ketebalan dinding rumah Anda. Hindari peletakkan router di sudut ruangan atau menutupinya dengan buku atau barang-barang besar, karena akan memengaruhi sinyal yang dipancarkan.

Pastikan Anda berada di dekat router, karena semakin dekat perangkat dengan router, maka semakin mudah dan cepat penyambungan WiFi.

Terkadang Anda berhasil mendapatkan WiFi, tetapi tetap tidak bisa online. Penyebabnya mungkin karena router sedang offline dan memancarkan sinyal kosong. Ada cara mudah untuk mengetahui apakah router offline, yakni memeriksa lampu di router.

Sebagian besar router memiliki serangkaian lampu dengan arti yang berbeda. Nah, carilah lampu indikator untuk gelombang yang datang. Jika lampu tersebut berwarna selain hijau dan terus berkedip, itu berarti router tidak menerima sinyal internet.

Untuk mengatasi ini, Anda dapat mencoba metode manual dengan mematikan dan menyalakan router kembali. Pastikan Anda menunggu sekitar 10 detik ketika ingin menyalakannya kembali. Ini biasanya waktu yang dibutuhkan router untuk melakukan reboot.

  • Pastikan smartphone tidak bermasalah

Terkadang masalahnya bukan pada router, ketebalan dinding, atau penyedia layanan internet. Ini mungkin berasal dari perangkat Anda sendiri. Cara cepat untuk mengatasi ini adalah dengan me-reboot perangkat, dengan memilih opsi restart atau mulai ulang.

Saat perangkat hidup kembali, pastikan perangkat melakukan reboot selama sekitar satu menit, kemudian sambungkan kembali ke WiFi.

  • Pastikan sistem operasi ter-update

Jika mer-reboot tidak juga berhasil, Anda mungkin memiliki bug pada perangkat. Segera lakukan pembaruan sistem jika selama ini Anda menundanya. Mungkin pembaruan menghadirkan solusi dari masalah tersebut.

Ada segudang alasan mengapa smartphone atau tablet tidak bisa terhubung ke WiFi dan daftar di atas adalah masalah yang paling umum. Masalah juga bisa datang dari perangkat keras, seperti antena pada router rusak misalnya atau router memiliki jumlah koneksi yang melewati batas atau terlalu banyak. Penting juga untuk menghubungi penyedia layanan internet apabila deretan hal di atas tidak kunjung menyelesaikan masalah Anda.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia