Apple siapkan 3 SoC untuk Mac di 2023

Apple akan menggunakan teknologi fabrikasi 3nm pada tiga SoC baru mereka, Ibiza, Lobos, dan Palma untuk jajaran produk Mac di 2023.

Apple saat ini sedang bersemangat mempersiapkan jajaran SoC untuk laptop generasi terbaru mereka. Dalam sebuah bocoran terbaru, Apple ternyata tidak hanya mempersiapkan satu SoC baru, melainkan beberapa SoC sekaligus.

Dalam sebuah bocoran terbaru, Apple mempersiapkan total tiga chipset bertenaga dari keluarga “M3” untuk jajaran perangkat Macintosh. Ketiga SoC tersebut memiliki nama kode Ibiza, Lobos, dan Palma.

Ketiga SoC ini akan menggunakan teknologi fabrikasi 3nm yang akan memiliki inti hingga 40 inti di CPU mereka. Ketiganya disebutk akan diperkenalkan pada 2023, seperti dilaporkan oleh Tom’s Hardware (8/11).

Sementara untuk tahun 2022, perusahaan asal Cupertino tersebut disebut akan merilis SoC keluarga M2. Prosesor ini akan dibuat menggunakan teknologi fabrikasi N5 TSMC yang sudah disempurnakan, atau bahkan akan menggunakan teknologi fabrikasi N4 milik TSMC.

Dan rumor ini sejalan dengan beberapa bocoran yang belum lama ini mencuat, dimana TSMC disebut masih belum dapat merampungkan teknologi fabrikasi 3nm tahun ini. Bahkan, A16 Bionic yang meluncur tahun depan akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm, bukan 3nm.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia