Pemindai sidik jari Pixel 6 lambat ini penjelasan Google

Sampai Google memutuskan untuk menghidupkan kembali fitur face unlock, yang memiliki kelemahan keamanannya sendiri, pengguna hanya perlu memasukkan PIN.

Ada banyak hal yang bisa dikagumi dengan Google Pixel 6 dan 6 Pro, tetapi pemindai sidik jari mereka tidak termasuk dalam predikat itu. Sejak Pixel 6 dirilis pada bulan Oktober, pengguna telah mengeluh mengenai pemindai sidik jari yang lambat dan tidak dapat diandalkan sehingga membuat ponsel sulit untuk dibuka kuncinya. Google akhirnya menanggapi keluhan tersebut, dan meskipun memberikan penjelasan, tidak benar-benar memberikan solusi yang solid.

Dalam sebuah balasan di Twitter, Google mengaitkan masalah ini dengan “algoritma keamanan yang ditingkatkan” yang digunakan pemindai sidik jari Pixel 6. Google mengatakan bahwa langkah-langkah keamanan ini dapat membuat sidik jari “membutuhkan waktu lebih lama untuk memverifikasi atau memerlukan lebih banyak kontak langsung dengan sensor.” Dilansir dari The Verge (8/11), kemudian balasan itu memberikan tautan ke halaman dukungan Google yang benar-benar tidak menawarkan banyak bantuan, selain menyarankan untuk memastikan jari pengguna bersih dan menggunakan jari yang telah didaftarkan sebelumnya di ponsel.

Balasan dari pengguna Twitter lain menunjukkan bahwa itu mungkin masalah hardware. Pixel 6 menggunakan pemindai sidik jari optik di bawah layar alih-alih ultrasonik cepat seperti Samsung Galaxy S21, yang menurut beberapa pengguna bisa menjadi alasan di balik performa sensor yang buruk. Tetapi seperti yang dicatat oleh Engadget, pengguna lain di Reddit mengatakan bahwa pemindai sidik jari optik berfungsi dengan baik di ponsel OnePlus mereka, mungkin menunjukkan masalah software khusus untuk Pixel 6.

Untuk sementara, sepertinya tidak ada solusi yang jelas untuk pemindai sidik jari Pixel 6 yang lambat, dan jawaban Google tidak jelas. Tidak ada yang tahu apakah Google dapat memperbaiki masalah dalam pembaruan software. Sampai Google memutuskan untuk menghidupkan kembali fitur face unlock, yang memiliki kelemahan keamanannya sendiri, pengguna hanya perlu memasukkan PIN.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia