Samsung batal jual TV Micro LED 70 inci

Micro LED dikatakan sebagai pewaris OLED. Teknologi ini mengambil semua kualitas terbaik panel OLED dan menghilangkan hampir semua kekurangannya.

Samsung dikabarkan telah membatalkan rencana untuk meluncurkan smart TV 4K 70 inci dengan teknologi berbasis panel Micro LED generasi baru. Perusahaan asal Korea Selatan ini akan menghadirkan TV Micro LED yang terdiri dari ukuran 89 inci, 101 inci, dan 104 inci pada tahun depan.

Berhentinya perangkat layar Micro LED yang berukuran kecil tersebut diperkirakan karena kombinasi ekonomi dan keinginan Samsung untuk fokus pada pasar TV ultra besar yang tumbuh cepat.

Dengan teknologi saat ini, sulit bagi Samsung untuk menawarkan TV Micro LED resolusi 4K dengan banderol harga di bawah 100 juta won (Rp1,2 miliar). Sebagai perbandingan, sudah ada TV LCD beresolusi 8K dan TV OLED 8K, sebagaimana dilansir dari The Elec.

Dengan kata lain, akan ada sangat sedikit konsumen yang akan membeli TV Micro LED 4K 70 inci ketika sudah tersedia TV 8K seperti QE75QN900A berkualitas tinggi dengan harga USD6.000 (Rp85,5 juta). Oleh karena itu, konsumen akan memilih TV yang jauh lebih terjangkau dengan resolusi lebih tinggi.

Dilansir dari What Hifi (9/11), Micro LED dikatakan sebagai pewaris OLED. Teknologi ini mengambil semua kualitas terbaik panel OLED dan menghilangkan hampir semua kekurangannya. Micro LED juga bisa lebih terang daripada OLED, secara teori mampu menghasilkan kontras yang luar biasa.

Membuat TV Micro LED terjangkau bukanlah hal yang mudah, tetapi Samsung tampaknya membuat beberapa kemajuan. Sementara model Micro LED 2021 Samsung berukuran lebih dari 100 inci menggunakan papan sirkuit tercetak, ketiga model 2022 menggunakan thin-film transistor (TFT) low-temperature polycrystalline silicon (LPTS) yang lebih canggih.

TFT LPTS tidak hanya lebih murah untuk diproduksi, teknologi ini memungkinkan pula setiap piksel Micro LED untuk dikontrol secara individual, yang seharusnya memberikan peningkatan lebih lanjut dalam hal performa gambar.

Samsung telah memiliki beberapa TV Micro LED. Model berukuran 110 inci yang memiliki screen-to-body ratio 99,99% dan harus dipasang secara profesional dijual dengan harga USD95.000 (Rp1,4 miliar).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia