Cara mengatasi iPhone yang tidak bisa di-charge

Jika masalahnya tidak begitu serius, solusi yang dijelaskan di bawah ini akan menyelesaikan masalah iPhone yang tidak bisa di-charge.

Saat iPhone kamu tidak diisi daya untuk waktu yang lama, baterainya perlahan akan habis hingga ponsel mati. Kamu perlu mengambil beberapa tindakan pencegahan saat mengisi daya perangkat agar dapat memperpanjang masa pakai baterai iPhone. Jika masalahnya tidak begitu serius, solusi yang disebutkan di bawah ini akan menyelesaikan masalah iPhone yang tidak bisa di-charge.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi iPhone yang tidak bisa di-charge. Meskipun solusi ini khusus untuk iPhone, pengguna Android juga bisa memeriksa daftar solusi pengisian daya ponsel jika menghadapi masalah yang sama. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum 4 solusi untuk mengatasi iPhone yang tidak bisa di-charge.

1. Cek kabel USB dan adaptor

Jika kamu menggunakan kabel atau adaptor yang rusak untuk mengisi daya ponsel, inilah alasan utama iPhone tidak dapat diisi daya. Aksesori yang digunakan untuk mengisi daya harus dalam kondisi yang bagus dan memenuhi standar Apple. Untuk benar-benar yakin apakah aksesori tersebut memiliki sertifikasi dari Apple, kunjungi situs produsen atau periksa manual book pada produk terkait.

2. Restart

Terkadang, restart paksa menjadi solusi terbaik ketika iPhone kamu tidak terisi daya, khususnya jika disebabkan oleh beberapa software. Dalam kasus ini, kamu bisa melakukan restart iPhone. Perhatikan pula cara me-restrart iPhone kamu sesuai versi yang kamu gunakan. Setelah restart, sambungkan kembali iPhone kamu ke pengisi daya dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya, periksa apakah iPhone sudah mulai terisi daya.

3. Pastikan port USB bersih

Port pengisian daya iPhone rentan terhadap debu dan kotoran, dan ini bisa menyebabkan masalah sehingga iPhone tidak bisa di-charge. Untuk itu, periksa apakah ada kotoran di port pada iPhone. Jika iya, keluarkan debu dengan meniup ke dalam lubang port atau gunakan Vacuum Cleaner Mini yang banyak tersdia di marketplace. Hinadari penggunaan tusuk gigi dan jarum untuk menghilangkan debu, karena dapat merusak port iPhone.

Setelah menghilangkan kotoran, bersihkan kabel USB pada kedua ujungnya sebelum menghubungkannya ke adaptor dan iPhone.

4. Restore DFU (Device Firmware Update)

Jika ada beberapa masalah perangkat lunak pada iPhone, maka pemulihan DFU kemungkinan bisa menyelesaikannya. Proses restore DFU akan sepenuhnya menghapus file iPhone, sehingga menjadikannya seperti baru. Jadi, kamu harus mencadangan data sebelum me-restore DFU. Namun, ini adalah proses lanjutan dan harus dilakukan hanya jika kamu memiliki keahlian teknis.

Itulah 4 solusi yang dapat membantu kamu mengatasi iPhone yang tidak bbisa di-charge. Tindakan pencegahan umum perlu dilakukan saat mengisi daya ponsel untuk menghindari masalah dengan baterai ponsel. Sebagai catatan, menggunakan aksesori yang tidak resmi untuk produk Apple memang tidak dianjurkan, karena dapat merusak tidak hanya baterai tetapi juga mengurangi masa pakai perangkat.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia