Instagram sedang uji fitur berlangganan

Dengan berlangganan, pengguna akan memiliki akses ke suatu konten secara khusus, seperti pada Stories atau Live.

Instagram yang kini disebut sebagai aplikasi media sosial milik Meta dilaporkan sedang menguji fitur berlangganan yang tampaknya terinspirasi oleh OnlyFans. Ini memungkinkan konten kreator mendapatkan uang tambahan dari konten berbayar yang ditawarkan kepada penggemar untuk membuka Stories dan Live secara eksklusif.

Dilansir dari Gizmochina (10/11), kategori baru bernama Instagram Subscriptions muncul di bawah bagian In-App Purchases dalam App Store. Biaya langganan layanan ini sekitar USD0,99 dan USD4,99 di AS. Hal yang sama juga muncul di App Store India, dengan biaya berlangganan 89 Rupee per bulan. Jika dikonversikan ke Rupiah, ini sekitar Rp14-71an ribu.

Opsi berlangganan ini juga terlihat bersama Instagram Badges yang dapat dibeli pengguna untuk memberikannya kepada kreator favorit mereka. Sekilas, ini mirip dengan cara kerja yang dimiliki Twitter Blue, dimana pengguna dapat memperoleh akses ke tweet eksklusif dan konten lainnya.

Bukan hal yang baru, Kepala Instagram Adam Mosseri sudah mengumumkan fitur ini pada awal tahun dan perusahaan saat itu sedang berusaha menjajakinya. Sejalan dengan itu, seorang reverse engineer juga belum lama mengunggah pembaruan terkait pengembangannya.

Dengan berlangganan, pengguna akan memiliki akses ke suatu konten secara khusus, seperti pada Stories atau Live. Saat pengguna mengirim pesan langsung atau mengomentari unggahan kreator yang diikuti, lencana anggota khusus akan muncul di samping nama pengguna. Lencana ini membuat interaksi pelanggan dengan kreator diprioritaskan.

Sementara dari pihak pembuat konten, akan ada opsi untuk melihat perkiraan penghasilan, anggota aktif, dan keanggotaan yang kedaluwarsa. Instagram juga memungkinkan mereka untuk menyesuaikan nama dan paket langganan mereka.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia