Instagram uji fitur pengingat istirahat

Dengan diujinya fitur baru ini, Instagram ingin para pengguna menyadari berapa banyak waktu yang telah mereka habiskan di aplikasi.

Instagram mengumumkan akan menguji fitur baru yang bertujuan agar menghentikan penggunaan aplikasi yang berlebihan, yang dapat memengaruhi perilaku pengguna. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter resmi Adam Mosseri selaku CEO Instagram, ia mengatakan fitur itu memungkinkan pengguna menerima pengingat istirahat dalam aplikasi setelah durasi yang ditentukan.

“Apa yang kami lakukan di sini, kami yang bekerja di Instagram, selalu mencoba membuat aplikasi sedikit lebih baik untuk semua orang yang menggunakannya. Dan salah satu hal utama yang kami lakukan adalah menguji ide-ide baru dengan sebagian kecil orang untuk melihat cara kerja fitur-fitur baru tersebut,” kata Mosseri.

Bukan hal yang aneh lagi melihat sebagian orang di tempat umum atau bahkan di rumah menghabiskan waktunya di depan layar smartphone hanya untuk berselancar di media sosial termasuk Instagram.

Bahkan, sebuah studi 2017 di Inggris yang dikutip dari 13NewsNow (11/11) menyebut Instagram sebagai platform media sosial terburuk untuk kesehatan mental anak muda. Studi ini mensurvei hampir 1.500 orang berusia 14-24 tahun.

Dengan diujinya fitur baru ini, Instagram ingin para pengguna menyadari berapa banyak waktu yang telah mereka habiskan di aplikasi. Fitur Take a Break akan memberikan pengingat istirahat kepada para pengguna, sesuai waktu yang sudah diatur.

Mosseri menjelaskan, pengguna dapat meminta aplikasi untuk memberi pengingat istirahat setelah 10 menit, 20 menit, atau 30 menit membuka Instagram. Pengguna bebas memilih waktu yang diinginkan.

Setelah waktu tersebut berlalu, sebuah pesan akan muncul di layar mengatakan, “Waktunya istirahat? Luangkan waktu sejenak untuk mengatur ulang dengan menutup Instagram.”

Tidak sampai di situ, pengingat juga akan memberikan saran kepada pengguna, seperti menarik nafas dalam-dalam, menuliskan apa yang sedang dipikirkan, mendengarkan lagu favorit, atau melakukan sesuatu dari daftar tugas.

Fitur tidak akan memblokir akses ke Instagram untuk jangka waktu tertentu. Jadi, pengguna tetap bisa mengabaikan pengingat dengan mengetuk “Selesai” dan kembali ke aplikasi.

“Pada akhirnya, Anda tahu apa yang terbaik untuk Anda dalam menggunakan aplikasi. Dan kami ingin memastikan bahwa kami menyediakan alat bagi Anda untuk membentuk Instagram menjadi apa yang cocok untuk Anda.”

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia