YouTube sembunyikan jumlah dislike

YouTube pada akhirnya secara bertahap menghilangkan display jumlah “dislike” yang ada di platform mereka.

YouTube baru saja mengumumkan akan menyembunyikan jumlah “dislike” di video yang ada di platform-nya.. Hal ini akan diterapkan mulai hari ini untuk setiap pengguna.

Youtube berkata perubahan itu untuk menjaga pembuat konten yang lebih kecil agar tidak menjadi sasaran serangan atau pelecehan. Selain itu, mereka berharap hal ini akan memicu “interaksi yang saling menghormati antara pemirsa dan pembuat konten”.

Namun, ini bukan berarti YouTube akan menghapus tombol “dislike” dari aplikasinya. Hanya saja, mereka tidak memberikan jumlah orang yang memutuskan untuk tidak menyukai video yang mereka tonton, seperti lapor The Verge (11/11).

Seperti diketahui, ini bukan keputusan yang mendadak. Sebab, Youtube telah membahas rencana ini sejak Maret lalu, dan telah melakukan uji coba sejak saat itu ke beberapa pengguna.

Tetapi, ini bukan berarti semua orang akan suka dengan apa yang YouTube lakukan. Sebab, kebanyakan orang melihat rasio jumlah “like” dan “dislike” dari sebuah video sebelum memutuskan menontonnya atau tidak.

Namun, dari apa yang YouTube dapatkan selama melakukan uji coba, mereka melihat bahwa orang cenderung tidak mengklik tombol “dislike”. Sebab, para penyerang merasa sia-sia karena tidak dapat melihat berapa orang selain dia yang telah “menyerang” video.

Meski demikian, bukan berarti dengan dihilangkannya display total jumlah dislike, para konten kreator tidak dapat melihat statistik video mereka. Para konten kreator masih akan dapat melihat jumlah “dislike” yang mereka terima.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia