Bukalapak hadirkan Bukumitra agar UMKM naik kelas

Bukumitra membantu pembukuan bisnis oleh pelaku UMKM yang juga dapat membuat skala bisnis naik kelas.

Bukalapak resmi meluncurkan aplikasi berbasis software as a service, Bukumitra untuk membantu pembukuan bagi pelaku UMKM. Pembukuan yang selama ini dilakukan oleh pengusaha kecil bersifat konvensional dan dasar. Sedangkan pembukuan sangat penting untuk menaikkan kelas skala bisnis suatu usaha. Untuk itu, Bukalapak menghadirkan Bukumitra yang dapat membantu pembukuan UMKM secara profesional dan modern.

Presiden Bukalapak Teddy Oetomo mengatakan Bukumitra saat ini memiliki 300 ribu pengguna aktif per bulan. Target pengguna tidak dibatasi oleh jenis usaha, dan dapat digunakan oleh seluruh jenis UMKM apapun, seperti disampaikan Teddy.

Bukumitra memiliki 4 fitur utama antara lain pencatatan pembukuan, pencatatan hutang, promosi, dan bisnis informasi. SVP Marketing Bukalapak Kurnia Rosyada menjelaskan, fitur pencatatan pembukuan memudahkan pengguna dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis. Pengguna juga dapat menganalisa performa bisnis dengan melihat summary atau kesimpulan detail yang dirangkum selama sebulan.

Selain itu, fitur pencatatan hutang dapat mencatat transaksi kustomer atau konsumen yang belum diselesaikan. Pemilik usaha dapat menandakan apabila hutang tersebut sudah dilunasi. Jadi, lebih tertata, jelas, dan mudah dalam melacak alur keuangan bisnis.

Fitur terpenting lainnya adalah promosi yang dapat membantu mengembangkan bisnis. Lewat fitur ini, pelaku UMKM dapat membuat katalog, poster, produk terlaris, dan lainnya yang dapat disebar ke WhatsApp maupun jejaring sosial lainnya.

Terakhir, ada juga fitur informasi bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk mencari pengetahuan soal bisnis melalui workshop, tutorial, business insight, dan masih banyak lagi yang dapat diakses pelaku usaha.

“Dengan adanya software as a service ini, diharapkan pembukuan menjadi lebih baik lagi. Dengan pembukuan menjadi lebih baik, maka pengelolaan UMKM ini menjadi lebih modern alias akan naik kelas di dalam pengelolaannya. Ketika mereka sudah naik kelas, berikutnya yang kita harapkan adalah mereka juga naik kelas untuk skala bisnisnya,” kata Komisaris Utama Bukalapak Bambang Brodjonegoro.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia