Qualcomm kenalkan Snapdragon Spaces untuk perangkat AR

Spaces pada dasarnya adalah software yang menghubungkan ponsel ke headset/kacamata AR, tetapi seluruh proses melibatkan beberapa detail lagi.

Saat ini, dunia sedang dihebohkan dengan meta semesta (metaverse) dan aplikasinya. Namun sementara augmented reality (AR) adalah langkah selanjutnya menuju metaverse, produk yang mendukungnya belum sepenuhnya matang. Dan sekarang, Qualcomm berupaya meningkatkan pengembangan produk terkait AR tersebut melalui platform software baru mereka, Snapdragon Spaces.

Dengan Snapdragon Spaces, perusahaan itu berusaha menjembatani kesenjangan antara ponsel dan kacamata AR. Pada gilirannya, ini juga menyiratkan bahwa berbagai merek ponsel kemungkinan akan meluncurkan kacapata AR mereka sendiri.

Secara sederhana, kacamata AR akan bekerja dengan ponsel melalui software Snapdragon Spaces. Qualcomm lebih lanjut menambahkan bahwa mereka telah membuat “Platform Pengembang Snapdragon Spaces XR” untuk membantu pengembang meningkatkan aplikasinya yang ada sambil juga membuat yang baru untuk memanfaatkan produk AR wearable dengan lebih baik.

Dilansir dari Gizmochina (12/11), software ini juga akan mencakup teknologi persepsi mesin yang akan diarahkan pada performa dan kacamata AR berdaya rendah dari generasi berikutnya. Spaces pada dasarnya adalah software yang menghubungkan ponsel ke headset/kacamata AR, tetapi seluruh proses melibatkan beberapa detail lagi. Selain menghubungkan kedua perangkat, kacamata AR juga akan menjadi ekstensi dari ponsel yang kompatibel, dengan perangkat AR tersebut menggunakan kekuatan pemrosesan dan koneksi telekomunikasi.

Khususnya, Snapdragon Spaces juga akan memungkinkan pengembang membuat aplikasi 3D untuk kacamata AR. Sampai sekarang, perusahaan seperti Lenovo, Xiaomi, dan OPPO adalah mitra awal untuk platform Snapdragon Spaces sementara pengembang aplikasi lain seperti Epic Games juga sedang bekerja sama.

“Kami menantikan untuk memungkinkan pengembang aplikasi perangkat AR agar dapat menjangkau audiens maksimum melalui platform terbuka Snapdragon Spaces dan perangkat berbasis Snapdragon Spaces sebagai masa depan kami,” kata SVP Xiaomi, XueZhong Zeng.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia