iPhone X ini terjual Rp1 miliar, apa istimewanya?

Bukan terbuat dari emas, namun iPhone X seharga Rp1 miliar-an ini memiliki charger Type-C alih-alih menggunakan charger Lightning.

Apple merupakan produsen smartphone dan laptop paling konsisten serta keras kepala di seluruh dunia. Sebab, alih-alih menggunakan standar internasional, Apple masih menggunakan konektor milik mereka sendiri untuk jajaran smartphone-nya.

Ya, hingga iPhone 13 yang baru meluncur beberapa waktu lalu, mereka masih menggunakan port Lightning untuk pengisian daya dan transfer data. Padahal, semua smartphone lain sudah menggunakan USB Type-C.

Namun, sorang insinyur serta YouTuber dari Swis baru-baru ini membuat gempar komunitas teknologi. Sebab, dia berhasil mengkonversi kabel Lightning di iPhone X menjadi USB Type-C dengan semua fitur yang ditawarkan oleh standar konektor tersebut.

Ia mengalami berbagai kesulitan untuk mengubah konektor kecil ini. Akhirnya, insinyur tersebut memutuskan untuk membuat kustomisasi daughterboard untuk dapat melakukan konversi ini. Hasilnya sangat memuaskan.

Setelah selesai dengan proyek ini, ia iseng-iseng melakukan lelang terhadap karya seninya itu. Ia membuka lelang untuk perangkat tersebut dengan banderol USD1 (sekitar Rp14 ribu).

Menariknya, ia berhasil mendapatkan penawaran dengan harga yang fantastis, yakni sekitar USD86.001 atau sekitar Rp1,22 miliar, seperti dikutip dari The Verge (14/11). Tentu saja, ini bukan harga yang murah.

Tapi, sang kreator yang bernama Pillonel memperingatkan bahwa pembeli tidak boleh berharap menggunakan smartphone ini seperti iPhone X lainnya. Sang kreator, Pillonel, mengatakan pengguna tidak boleh membongkar atau memperbarui OS-nya, di mana dapat beresiko merusak perangkat tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia