Snapdragon 898 tidak lebih kecang dari Snapdragon 888

Dalam sebuah bocoran terbaru, Ice Universe mengungkapkan kekhawatirannya terkait Snapdragon 898, yang tidak akan lebih kencang dari Snapdragon 888.

Qualcomm dalam waktu dekat ini akan segera memperkenalkan jajaran SoC baru mereka. Biasanya, Qualcomm akan mengumumkan pembaruan SoC seri Snapdragon 800 sebelum memperkenalkan seri lainnya.

SoC yang akan diperkenalkan adalah Snapdragon 898, yang merupakan penerus dari Snapdragon 888. Para pengguna pun mengharapkan adanya peningkatan performa dari SoC tersebut jika dibandingkan pendahulunya.

Ice Universe (melalui Wccftech, 14/11) mengungkapkan bahwa dia telah mendapatkan informasi terkait dengan apa yang dapat diharapkan dari SoC baru tersebut. Dia mengatakan, Snapdragon 898 akan memiliki peningkatan di GPU, ISP, dan juga AI.

Sedangkan untuk CPU, mereka masih menggunakan konfigurasi yang sama dengan pendahulunya, Ice Universe pun menunjukkan kekhawatiran mengenai CPU Snapdragon 898 di mana masih akan menggunakan konfigurasi tri-cluster.

Dia mengatakan, satu inti akan menggunakan Kryo 780 yang kemungkinan didasarkan pada Cortex-X2 dan berjalan di kecepatan 3,09GHz. Sedangkan tiga lainnya akan menggunakan Kryo 780 yang kemungkinan didasarkan pada Cortex-A710 dan berjalan di kecepatan 2.4GHz.

Terakhir, akan terdapat empat inti Kryo 780 yang kemungkinan didasarkan pada Cortex-A510 dan akan berjalan di kecepatan 1,8GHz. Yang berbeda adalah Snapdragon 898 akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm milik Samsung.

Dengan digunakannya teknologi fabrikasi 4nm, biasanya pengguna akan mendapatkan performa CPU yang lebih baik, konsumsi daya yang lebih irit, serta suhu yang lebih rendah. Tapi, dikhawatirkan hal ini tidak akan terjadi di SoC ini, dimana akan memiliki performa CPU, konsumsi daya, dan suhu yang sama seperti Snapdragon 888.

Meski demikian, hal ini masih harus divalidasi melalui pengujian nyata. Hal ini dapat dilakukan pada saat smartphone yang menggunakan SoC ini meluncur di pasaran, yang paling cepat akan hadir awal 2023 mendatang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia