Polri Siapkan Konsep Pengamanan Terkait PPKM Level 3 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Headlines.id – Kepolisian RI tengah menyiapkan konsep pengamanan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Konsep bagaimana pengamanan nataru (Natal-Tahun Baru) ini sedang digodok di staf operasi Polri. Jadi pengamanan nataru disesuaikan dengan level 3 ini sedang dipersiapkan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri.

Meski demikian, Rusdi belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai pengamanan tersebut. Rusdi mengungkapkan, pihaknya akan menyampaikan informasi resmi terkait hal ini.

“Nanti tentunya akan disampaikan ke publik bagaimana cara bertindak yang dilakukan oleh Polri untuk mengamankan kegiatan nataru,” ucapnya.

Rusdi juga belum dapat berbicara banyak mengenai penyekatan yang akan berlangsung selama PPKM level 3 nanti. Ia hanya menyatakan bahwa Polri akan mempertimbangkan hal tersebut.

“Tentunya berbagai kebijakan pemerintah ini menjadi pertimbangan bagaimana Polri menyusun satu cara bertindak dalam rangka mengamankan malam Natal dan Tahun Baru,” ia menambahkan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 pada libur Natal dan Tahun Baru 2022. Pemberlakuan PPKM level 3 di seluruh wilayah akan berlangsung selama sepekan, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kebijakan itu diterapkan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Peningkatan mobilitas dikhawatirkan dapat memicu munculnya gelombang ketiga penularan virus Covid-19.

Saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah berencana akan memberlakukan sejumlah aturan, salah satunya dengan memperketat protokol kesehatan dan larangan mengadakan pesta kembang api.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia